Kutu rambut
Kutu rambut adalah serangga parasit yang memiliki enam kaki dengan ukuran dewasa, kurang lebih sebesar biji wijen. Kutu ini hidup di kulit kepala dan leher dengan mengisap darah manusia di lokasi tersebut. Sedangkan telur kutu berwarna kuning pucat atau titik cokelat, biasanya menempel di dekat pangkal helai rambut. Sekilas tampak seperti ketombe, tetapi tidak dapat luruh hanya dengan disisir.

Ada Kutu di Rambut Si Kecil? Jangan Panik Moms, Ini Cara Menghilangkannya!
source: https://transitmaphistory.com/telur-kutu-rambut-menetas/

Selain itu kutu ini mudah sekali menular. Kutu rambut lebih banyak menular di antara anak-anak, terutama usia taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar. Sebab, anak usia tersebut lebih banyak bermain bersama secara berdekatan. Lalu jika sudah tertular si kecil akan merasakan sangat gatal pasa kepalanya. Bagaimanakah cara menghilangkan si kutu ini?

Cara menghilangkan kutu pada anak
Kutu rambut tidak akan pergi dengan sendirinya tanpa ditangani, Moms. Kabar baiknya, kutu rambut dapat dibasmi baik secara alami maupun dengan berbagai produk antikutu rambut, seperti sampo, krim, dan lotion, yang dijual bebas atau dengan resep dokter. 

Ada Kutu di Rambut Si Kecil? Jangan Panik Moms, Ini Cara Menghilangkannya!
source: https://www.hipwee.com/list/punya-masalah-kutu-rambut-hilangkan-dengan-daun-sirsak/

Nah, untuk cara alami Moms bisa melakukan dengan bahan-bahan yang alami seperti berikut ini:

baca juga

Cara menghilangkan kutu dengan perasan air lemon

Ada Kutu di Rambut Si Kecil? Jangan Panik Moms, Ini Cara Menghilangkannya!
source: https://ohayo.co.id/7-cara-menghilangkan-kutu-rambut-secara-alami/

Lemon merupakan salah satu buah yang memilki kandungan vitamin C. Selain itu, buah ini memliki kandungan asam sitrat sebanyak 5% yang rupanya bermanfaat untuk mengatasi telur yang menempel pada rambut si kecil.

Moms cukup menyiapkan setengah cangkir air perasan lemon. Kemudian balurkan pada rambut dan kulit kepala si kecil. Tutup dengan menggunakan handuk atau shower cup selama sekitar 30 menit. Setelah itu, singkirkan kutu dan telurnya menggunakan serit (sisir khusus kutu).

Cara lainnya adalah dengan mencampur lemon & jeruk nipis. Jeruk nipis dan lemon baik untuk membasmi bakteri stretococcus penyebab kulit kepala jadi kasar, licin yang menyebabkan salah satu jenis penyakit kulit. Luka yang terinfeksi bakteri di kulit kepala bisa menular dengan sangat cepat bersama dengan kutu dari satu orang ke orang lainnya. Kandungan asam tinggi yang ada dalam jeruk nipis dan juga lemon sangat baik untuk membasmi kutu beserta bakteri secara bersamaan. Caranya adalah:

Ada Kutu di Rambut Si Kecil? Jangan Panik Moms, Ini Cara Menghilangkannya!
source: https://www.google.co.id/amp/style.tribunnews.com/amp/2017/11/26/sama-sama-punya-segudang-manfaat-ini-11-kegunaan-jeruk-nipis-dan-lemon-bagi-tubuh
  1. Peras 1 buah jeruk lemon dan 1 buah jeruk nipis lalu campur dalam mangkuk kecil.
  2. Lakukan pijatan lembut selama 10 menit dan diamkan kembali selama 40 menit.
  3. Bilas bersih rambut memakai air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit cuka.
baca juga

Membasmi kutu rambut dengan menyisirnya ketika rambut basah
Salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk membasmi kutu pada si kecil adalah dengan menyisirnya ketika basah, berikut langkah-langkah nya Moms:

Ada Kutu di Rambut Si Kecil? Jangan Panik Moms, Ini Cara Menghilangkannya!
source: http://style.tribunnews.com/2017/09/02/miris-salah-pilih-cairan-pembasmi-kutu-rambut-2-anak-tewas-1-yang-lain-sang-ibu-dirawat-di-rs
  1. Basahi rambut si kecil dengan minyak zaitun ataupun minyak kelapa
  2. Kemudian sisir rambut si kecil menggunakan sisir bergigi halus yang bagus ataupun sisir khusus kutu yang bisa Moms dapatkan di apotek
  3. Lalu sisir pelan-pelan rambut si kecil dari akar rambut sampai ujungnya
  4. Moms juga bisa menyisirnya di atas kertas ataupun pada mangkuk yang sudah diisi air untuk mengetahui seberapa banyak hasil kutu rambut tangkapan Moms.

Menghilangkan kutu rambut dengan obat pembasmi kutu
Sejauh ini, obat pembasmi kutu adalah cara yang paling ampuh dan cepat untuk membasmi kutu yang bersarang di kulit kepala si kecil. 

Hal ini juga disarankan para dokter anak. Pasalnya, obat kutu rambut tak hanya mampu membunuh induknya, tapi juga telur-telur kutu sehingga tidak akan menetas dan berkembang biak di kulit kepala. Obat kutu rambut ini tersedia di apotek dalam bentuk cairan. Moms bisa melakukan cara berikut ini dalam menggunakan obat pembasmi kutu:

Ada Kutu di Rambut Si Kecil? Jangan Panik Moms, Ini Cara Menghilangkannya!
source: https://shopee.co.id/Obat-Kutu-Rambut-HERBAL-TIGA-BLAS-%283-JAM-KUTU-AMBLAS%29-lebih-ampuh-dari-SHAMPO-SAMPO-SHAMPOO-FAYOLLA-i.39411774.1007487068
  1. Basahi dulu rambut si kecil dengan keramas
  2. Kemudian oleskan obat kutu di setiap helai rambut si kecil ketika masih basah
  3. Setelah itu, remas-remas rambut dan pijat kulit kepala supaya obatnya merata dan kutu yang bersarang muncul ke permukaan. 
  4. Kemudian, bungkus kepala anak dengan shower cap atau handuk.
  5. Diamkan selama beberapa saat, tergantung pada produk yang Moms pilih. Beberapa obat hanya butuh waktu sekitar setengah jam, tapi ada juga yang harus didiamkan berjam-jam
  6. Terakhir, bilas bersih rambut menggunakan air hangat-hangat kuku
  7. Moms juga bisa merendam sisir dan berbagai perlengkapan rambut, seperti bando dan jepit rambut, dalam alkohol atau sampo obat kutu selama sejam. Cuci dengan air panas.
  8. Selama masa perawatan, hindari mengeringkan rambut anak dengan hair dryer ya Moms, untuk menghindari kutu berpindah ke area lain.
  9. Hindari mengaplikasikan obat yang sama lebih dari 3 kali pada 1 anak. Jika sebuah obat ternyata tidak efektif, minta dokter untuk memberikan resep obat yang berbeda.

Cara menghilangkan kutu pada rambut bayi
Moms, Jika si kecil berusia di bawah dua bulan, sebaiknya hindari pemberian obat kutu rambut. Karena beberapa obat kutu mengandung mengandung ekstrak chrysanthemums atau bahan sintetis lainnya yang tidak direkomendasikan untuk kulit kepala bayi. 

Dalam kasus ini, Bunda perlu mengangkat kutu dan telur kutu satu per satu dengan sisir bergigi rapat (serit) dan tangan, saat rambut si kecil basah dengan hair lotion atau air. Ulangi tiap 3-4 hari selama 3 minggu.

Ada Kutu di Rambut Si Kecil? Jangan Panik Moms, Ini Cara Menghilangkannya!
source: https://makrosehat.com/cara-melebatkan-rambut-bayi/

Yang perlu diingat untuk mencegah kutu hinggap di rambut si kecil adalah mengingatkannya untuk tidak berbagi pakai barang pribadi, seperti sisir, topi, jepit rambut, handuk, atau bando, dengan anak lain.

Nah, sekarang jangan panik lagi ya Moms jika kutu hinggap di rambut si kecil. Ayo basmi kutunya, agar si kecil bisa kembali bermain dengan ceria tanpa gatal di rambutnya.