Namun kini tren tersebut mulai pudar, digantikan dengan tren minum kopi susu kekinian. Bukan cuma orang dewasa loh penikmat es kopi susu ini, tapi juga mahasiswa hingga wanita. Minuman ini makin naik daun karena adanya layanan pesan antar seperti grab atau gojek.

Nah, sebetulnya apa sih yang menjadi background minuman ini bisa jadi hits? Yuk, moms simak penjelasan soal seluk beluk es kopi susu dan juga cara membuatnya. Siapa tau bisa jadi ide bisnis juga loh!

Awal Mula Kopi Susu Kekinian

Lagi Hits! Segarnya Es Kopi Susu Kekinian yang Bisa Jadi Ide Bisnis
source: https://majalah.ottencoffee.co.id

Menurut buku “All About Coffee” karya William H. Ukers, kopi susu tercipta dari seorang duta besar Belanda. Ia meminum kopi sambil mencampurkan susu di dalamnya pada tahun 1660. Lima belas tahun kemudian para dokter di Perancis menggunakan kopi susu sebagai sarana pengobatan.

Trend kopi susu ini terus berkembang, ada pula sumber yang menyebutkan jika minuman kopi susu berasal dari Rhode Island di tahun 1930an. Di sana para pemilik cafe dan restoran menciptakan minuman ini yang kemudian digemari oleh penduduk di pulaunya.

Sementara di Indonesia sendiri awal mula tren kopi susu kekinian adalah sarana untuk mengenalkan kopi pada masyarakat luas. Sehingga kehadiran konsumen baru ini dapat membuat market kopi di Indonesia makin luas. Es kopi susu ini bisa jadi jawaban untuk orang-orang yang sebelumnya penasaran dengan kopi tapi takut untuk mencoba karena efek samping “bikin nggak tidur” lah. asam lambung naik, hingga jantung deg-degan.

Aneka Kopi Susu Kekinian

Lagi Hits! Segarnya Es Kopi Susu Kekinian yang Bisa Jadi Ide Bisnis
source: https://merahputih.com

Meski kedengarannya sepele, hanya kopi susu tapi ternyata minuman ini punya banyak ragam loh. Ada Aishu Kohi, es kopi susu dari Jepang yang sangat unik karena kopi yang baru diseduh air panas tanpa didinginkan langsung dicampur dengan es.

Oliang, kopi susu dari Thailand dengan rasa yang kaya karena kopi susu dicampur dengan bahan-bahan seperti jagung, wijen, kedelai, dan kapulaga.

Ca Phe Da, merupakan kopi susu khas Vietnam yang sudah tersohor di seluruh Indonesia. Cha Phe Da menggunakan jenis dark roast coffee yang sangat pahit kemudian ditambah dengan susu kental manis.

Affogato, kalau ini adalah kopi susu khas dari Italia yang kental dengan cita rasa barat karena merupakan perpaduan antara secangkir kopi panas yang ditutup dengan satu scoop es krim vanilla.

Kopi Susu Oreo, adalah salah satu yang sedang hits bagi para pecinta kopi pemula, rasa pahit kopi dipadukan dengan manis susu dan gurihnya oreo bikin siapa saja yang minum ketagihan.

Kopi Susu Moka, juga jadi favorit nih di kalangan wanita pecinta kopi. Kopi susu moka punya rasa manis yang lebih dominan karena campuran dari kopi, susu, dan juga coklat.

baca juga

Resep Kopi Susu Kekinian

Meningkatnya peminat kopi yang ada di Indonesia membuat banyak orang mencoba peruntungan bisnis dengan membuka kedai es kopi susu. Nah, kalau moms pengen ikut trend nggak ada salahnya mencoba bisnis es kopi susu kekinian dengan resep berikut.

Lagi Hits! Segarnya Es Kopi Susu Kekinian yang Bisa Jadi Ide Bisnis
source: https://ramesia.com

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 sdm kopi bubuk  (gilingan fine atau medium)
  • 2 sdt creamer
  • 8 sdt susu evaporasi
  • 12 sdt gula merah
  • 3/4 cup susu UHT

Cara Membuat:

  • Didihkan air dengan menggunakan wajan.
  • Setelah air mendidih, tuang air ke dalam gelas sampai kira-kira seperempat atau setengah gelas.
  • Masukkan 2 sdm kopi bubuk ke dalam gelas yang sudah berisi air tadi.
  • Kemudian, masukkan 2 sdt creamer. Aduk sampai merata.
  • Masukkan 12 sdt gula merah.
  • Lalu masukkan 8 sdt susu evaporasi dan aduk sampai semua bahan merata.
  • Tambahkan es batu secukupnya.
  • Tuangkan 3/4 cup susu dan aduk secara perlahan.
  • Es kopi susu kekinian siap untuk disajikan.