Kayu manis dengan nama ilmiah Cinnamomum verum, termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Selain menjadi bumbu masakan sejak dahulu, kayu manis dipercaya menjadi obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit radang, jantung dan pencernaan. Berikut adalah manfaat kayu manis untuk kesehatan secara umum :
  • mengontrol gula darah
  • antiinfeksi dan antimikroba
  • menurunkan kolesterol
  • mencegah penggumpalan darah
  • meringankan sakit pada penderita rematik
  • menyeimbangkan kadar hormon
  • mengatasi alzheimer
Mengatasi Diabetes dengan Kayu Manis, Seperti Apa Cara Mengolahnya?
source: http://hellosehat.com


 

Melihat penjabaran manfaat kayu manis untuk kesehatan lumayan mengagumkan, bukan? Tak sedikit orang yang bingung terhadap manfaat kayu manis untuk kesehatan dan cara pengolahnya. Sebenarnya, ketika Moms memakan masakan ataupun kue yang mengandung kayu manis cukup tinggi, Moms bisa mendapatkan manfaatnya. Namun, untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, kayu manis dapat diolah menjadi bubuk dan dicampurkan ke minuman hangat. 
 
baca juga
Kayu manis juga dikenal sebagai obat diabetes. Biasanya penderita diabetes disarankan untukk mengonsumsi kayu manis secara rutin. Hal ini dibuktikan oleh hasil studi klinis yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care pada tahun 2003, yang mengatakan bahwa kayu manis dapat mengurangi faktor risiko terkait diabetes. Manfaat kayu manis untuk diabetes antara lain:

Mengontrol gula darah
Hal ini dikarenakan kandungan dalam kayu manis mampu mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh dan membantu proses pencernaan lebih baik. Tak hanya itu, kayu manis dapat mencegah naiknya kadar gula darah sehingga gula darah dapat terkontrol

Meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin
Kandungan kromium dan polifenol dalam kayu manis terbukti dapat meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin. Dengan meningkatnya sensitivitas terhadap hormon insulin, semakin sedikit jumlah insulin yang dibutuhkan tubuh untuk membuat gula darah menjadi stabil sehingga penyakit diabetes dapat diminimalisir

Meningkatkan hormon insulin
Untuk beberapa orang yang kekurangan hormon insulin sehingga tidak dapat mengontrol gula darah, mengonsumsi kayu manis dapat merangsang hormon insulin dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan cinnameldehyde yang mempengaruhi hormon insulin.
 
Tak hanya itu, kayu manis sering dipadupadankan dengan madu untuk menambah manfaat pada tubuh. Manfaat kayu manis dan madu untuk diabetes adalah:

Meningkatkan sistem imun
Kayu manis kaya akan zat antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi pada madu pun dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh sehingga tidak mudah terkena berbagai penyakit seperti flu dan demam.

Menurunkan berat badan
Campuran air kayu manis dan madu sering dibuat menjadi obat herbal dan salah satu minuman penurun berat badan. Karena campuran ini dapat mendetoksifikasi sistem tubuh, menurunkan kadar gula darah dan memperlambat penyerapan gula.
Mengatasi Diabetes dengan Kayu Manis, Seperti Apa Cara Mengolahnya?
source: http://deherba.com
baca juga
Mengonsumsi kayu manis tidak harus dengan cara langsung mengonsumsi batangnya, namun bisa diolah menjadi bubuk kayu manis. Tidak harus diolah sendiri, sekarang banyak yang menjual kemasan bubuk kayu manis.

Khasiat bubuk kayu manis untuk diabetes adalah untuk menekan kadar gula darah dalam tubuh dan mengontrol gula yang akan masuk ke dalam tubuh. Umumnya bubuk kayu manis ini dicampurkan dalam makanan dan minuman penderita diabetes sehari-hari.

Namun perlu diingat bahwa dosis atau takaran bubuk kayu manis yang boleh dikonsumsi berbeda-beda tiap penderita diabetes. Dan ada baiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.
Mengatasi Diabetes dengan Kayu Manis, Seperti Apa Cara Mengolahnya?
source: http://liputan6.com

Bagaimana Moms, cukup menarik ya manfaat kayu manis untuk diabetes ini? Jangan lupa selalu konsultasikan penyakit diabetes terlebih dahulu sebelum mulai mengonsumsi kayu manis. Semoga membantu!