Meminum jamu adalah salah satu budaya masyarakat Indonesia yang diwariskan secara turun temurun. Sejak kecil anak-anak sudah diperkenalkan dengan beberapa jenis jamu, seperti temulawak dan beras kencur. Tak hanya untuk anak-anak, orang dewasa juga kerap mengonsumsi jamu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bagi pria maupun wanita, mengonsumsi jamu dapat memberikan beragam manfaat kesehatan.

Khusus untuk wanita, salah satu jenis jamu yang menjadi primadona adalah kunyit asam. Rasa segar dari minuman tradisional ini juga akan memberikan moms beragam manfaat kesehatan yang istimewa.

Manfaat Kunyit Asam untuk Diet dan Atasi Nyeri Haid, Intip Cara Membuatnya Yuk!

Kunyit Asam untuk Wanita

Jamu dengan bahan utama kunyit dan asam jawa ini memiliki manfaat khusus yang hanya bisa dirasakan oleh wanita. Kunyit memiliki kemampuan dalam mendorong organ hati agar menghasilkan empedu pemecah lemak, sementara asam jawa dipercaya dapat memacu detak jantung agar darah terpompa dengan lebih baik sehingga peredaran darah menjadi lancar. Efek peredaran darah yang lancar ini tentu akan mempengaruhi siklus menstruasi wanita menjadi lebih baik. Tubuh pun akan menjadi tetap segar selama haid dan darah yang keluar tidak berbau terlalu anyir.

Kunyit Asam untuk Wanita
baca juga

Manfaat Kunyit Asam

Selain untuk memperlancar siklus menstruasi, jamu kunyit asam juga dapat mengurangi rasa sakit pada perut wanita yang sedang haid, Kandungan vitamin A dan C dalam kunyit asam juga dapat membuat kulit bersih, bercahaya, dan bebas jerawat. Selanjutnya, kunyit asam memiliki senyawa anti peradangan dan anti inflamasi sehingga dapat mendetoks atau mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Konsumsi kunyit asam secara rutin juga dapat menurunkan kadar gula darah sehingga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Manfaat Kunyit Asam

Manfaat Kunyit Asam untuk Haid

Efek meredakan nyeri haid karena kunyit asam dapat terjadi karena adanya kandungan kurkumin dari dalam kunyit. Kurkumin bekerja dengan mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan. Manfaat kurkumin tersebut diperkuat dengan reaksi tanin, saponin, sesqueterpenes, alkaloid, dan phlobotanim pada asam jawa yang dapat mempengaruhi sistem saraf otonom dan otak, sehingga otak akan mengirimkan perintah ke tubuh untuk meredakan kontraksi rahim.

Manfaat Kunyit Asam untuk Haid
baca juga

Manfaat Kunyit Asam untuk Diet

Kunyit asam juga berfungsi dalam hal diet atau menurunkan berat badan. Senyawa antioksidan pada kunyit berguna untuk menekan respon peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Reaksi ini akan mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, kloesterol, dan kondisi metabolik lainnya akibat obesitas. Sehingga tubuh yang rutin mengonsumsi kunyit asam akan memiliki berat badan yang lebih stabil. Jamu kunyit asam juga dapat memperlancar sistem pencernaan, mengikis timbunan lemak dalam tubuh, dan membuangnya melalui kotoran.

Manfaat Kunyit Asam untuk Diet

Cara Membuat Kunyit Asam

Untuk memperoleh jamu kunyit asam, moms bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan berikut, yaitu: 1/2 kg kunyit, 1/4 kg gula jawa, 1/2 kg asam jawa, 2 liter air dan garam sepucuk sendok teh.

Cara membuatnya sangat mudah:
- Bersihkan kunyit, haluskan dengan cara diblender atau diparut lalu ambil sarinya.
- Rebus air perasan kunyit, tambahkan asam jawa, gula, dan garam. Terus aduk sampai air benar-benar mendidih.
- Setelah mendidih, angkat dan dinginkan.
Agar lebih segar moms bisa menambahkan es batu sebelum meminumnya. Selamat mencoba!

Cara Membuat Kunyit Asam