Kapulaga merupakan jenis rempah-rempah yang memiliki aroma harum yang biasanya dicampur ke dalam makanan seperti kari, serta minuman seperti teh atau kopi. Kapulaga sendiri berasal dari daerah Guatemala dan India, dan menjadi salah satu jenis rempah dengan harga yang lumayan mahal. Kapulaga dibagi menjadi 3 jenis yaitu kapulaga hitam, kapulaga madagaskar, dan kapulaga hijau.

Ciri Kapulaga Hijau

Berbeda dengan kapulaga hitam yang dijadikan aroma pada makanan gurih atau pedas, kapulaga hijau sering dijadikan bahan penambah aroma untuk jenis makanan manis dan lembut seperti teh, es krim, puding, manisan india, yogurt, sirup, kue manis, kolak dan lain-lain. Di Indonesia, ada dua jenis kapulaga yakni kapulaga putih dan kapulaga hijau. Keduanya memiliki bentuk yang berbeda.

Kapulaga hijau memiliki bentuk yang lonjong dan agak panjag serta pipih. Bijinya pun berwarna hitam. Kalau kapulaga putih memiliki biji berwarna hitam dan kulit berwarna putih, sedangkan kapulaga hijau memiliki biji berwarna hitam dan kulit berwarna kehijauan. Aroma dari kapulaga hijau lebih sedap dan tajam jika dibandingkan dengan kapulaga putih.

Ciri Kapulaga Hijau
baca juga

Manfaat Kapulaga Hijau

Biji kapulaga hijau sering digunakan sebagai obat pereda sakit batuk. Selain itu, kapulaga hijau bermanfaat untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Kapulaga hijau atau green cardamom dipercaya baik untuk kesehatan jantung, hipertensi, detoksifikasi tubuh, melancarkan pencernaan, sebagai obat depresi, asma, meningkatkan nafsu makan, melancarkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan kulit wajah dan kepala, serta baik untuk kesehatan rambut.

Bahkan kapulaga hijau bisa dijadikan sebagai bahan pada produk sabun karena bermanfaat dana man untuk kulit. Kapulaga hijau juga baik untuk menghindari tubuh dari berbagai jenis bakteri, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Kapulaga Hijau

Gambar Kapulaga Hijau

Jika dilihat, kapulaga hijau berbentuk lonjong memanjang, hampir mirip dengan kacang almond.

Gambar Kapulaga Hijau
baca juga

Harga Kapulaga Hijau

Harga dari kapulaga hijau jauh lebih mahal dibanding dengan kapulaga putih. Kapulaga juga menduduki posisi ke tiga dengan kategori jenis rempah yang memiliki harga tinggi. Di toko online, untuk harga kapulaga hijau per kilonya bisa menjadi Rp280 ribu hingga Rp500 ribu.  
 

Harga Kapulaga Hijau