Perbedaan Mentega dan Margarin


Mentega dan margarin, sekilas tampak sama. Namun keduanya berbeda. Mentega terbuat dari susu. 80 persen kandungannya mengandung lemak susu sapi. Mentega tetap padat jika di suhu dingin dan mudah meleleh meski diletakkan di suhu ruangan.
 
Margarin terbuat dari minyak atau lemak tumbuh-tumbuhan atau yang biasa disebut lemak nabati. Di Indonesia, lemak nabati yang biasa digunakan adalah kelapa sawit. Margarin lebih keras daripada mentega dan tidak mudah meleleh jika diletakkan di suhu ruangan.

Source: https://lifestyle.okezone.com

 

Warna Mentega dan Margarin


Mentega bewarna kuning pucat, margarin berwarna kuning pekat. Mentega memiliki aroma harum khas susu, margarin beraroma tidak begitu harum. Pada suhu 33 – 35 derajat celcius mentega sudah meleleh dan margarain baru meleleh pada suhu 37 – 42 derajat celcius.

Karena teksturnya lembut dan mudah mencair, mentega memiliki daya emulsi yang kurang stabil pada adonan kue. Akibatnya, kue sulit dicetak dan akan mudah hancur. Margarin memiliki daya emulsi yang lebih baik, sehingga kue akan lembut dan tidak mudah hancur.

Source: http://jateng.tribunnews.com

 

baca juga

Kandungan Mentega dan Margarin


Mentega memiliki kandungan kolesterol jahat (LDL) yang cukup tinggi, sehingga banyak ahli nutrisi yang tidak menganjurkan mengonsumsi bahan ini dalam jumlah banyak. Sementara margarin mengandung lemak baik sehingga relatif lebih aman dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Biasanya mentega mengandung vitamin A, D, E, K. Keempat jenis vitamin tersebut hanya larut dalam lemak. Margarin diperkaya dengan vitamin dan omega, seperti vitamin A, B1, B2, D, dan E, serta omega 3 dan 6. 

Source: http://www.dgspeak.com

Blue Band: Mentega atau Margarin?


Masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan merek Blue Band. Blue Band memiliki aroma sedang dan rasanya gurih, sehingga masyarakat Indonesia seringkali memakainya untuk membuat berbagai jenis masakan, dari membuat kue hingga menumis. Blue Band juga kerap dipakai untuk mengolesi roti.
 
Kita sering menganggap Blue Band adalah mentega. Tapi sebenarnya Blue Band adalah margarin. Blue Band terbuat dari lemak nabati dan mengandung vitamin serta diperkaya dengan omega 3 dan 6.
 
Lalu apa saja merek mentega yang dijual di Indonesia? Beberapa mentega yang dijual di pasaran adalah Orchid, Wysman, dan Elle & Vire.

Source: http://citrasukses.com


 

baca juga

Mentega dan Margarin untuk Kue Kering


Karena mentega merupakan produk susu, rasanya lebih gurih. Namun, mentega memiliki tekstur lebih lembut dan mudah meleleh. Untuk itu, mentega lebih cocok digunakan untuk membuat kue-kue basah seperti black forest.

Jika Moms tetap ingin membuat kue kering dengan bahan mentega, sebaiknya mencampurnya dengan margarin agar tidak mudah hancur. Moms perlu mencampurkan mentega paling tidak sebanyak 20 persen. 

Source: https://www.idntimes.com

 

Sekarang Moms sudah tahu perbedaan antara margarin dan mentega. Jadi, untuk mendapatkan kue yang baik, Moms harus menggunakan bahan yang tepat. Moms juga bisa mencari produk yang mengandung mentega dan margarin sekaligus.