Perbedaan Kapulaga Hijau dan Putih

Kenali Perbedaan Kapulaga Hijau dan Putih, Rempah Eksklusif dengan Harga Selangit

Kapulaga adalah jenis rempah yang sering digunakan sebagai penambah rasa serta aroma karena memiliki bau khas yang kuat. Di Indonesia ada 2 jenis kapulaga yang dibudidayakan yaitu kapulaga hijau dan putih. Perbedaan kapulaga hijau dan putih terdapat pada cara penangan, aroma dan bentuk.

Ciri kapulaga hijau atau kapol India yaitu hanya dapat tumbuh baik di dataran tinggi mulai dari 700 sampai dengan 1.500 m. dpl dan baru berbuah pada umur 2  tahun penanaman. Kapulaga hijau berbentuk sedikit lebih panjang dan pipih bila di banding kapulaga putih. Aromanya juga lebih tajam dan wangi Moms, dengan biji berwarna hitam dan kulit sedikit kehijauan. Kapulaga hijau mampu berproduksi antara 4,2 hingga 4,5 ton per hektar per tahun.

Kenali Perbedaan Kapulaga Hijau dan Putih, Rempah Eksklusif dengan Harga Selangit

Sedangkan ciri kapulaga putih yaitu hanya tumbuh baik pada ketinggian mulai dari 0 - 700 m. dpl. Kapulaga putih berproduksi pada usia tanam 1,5 tahun dengan bibit anakan  yang baik.
Kapulaga ini berbentuk bulat dengan diameter sekitar 1 cm dan bijinya berwarna hitam, kulitnya putih kecoklatan.  Per hektar kapulaga putih, akan berproduksi sekitar 2,8 sd. 3 ton buah basah per tahun.

baca juga

Manfaat Kapulaga

Kenali Perbedaan Kapulaga Hijau dan Putih, Rempah Eksklusif dengan Harga Selangit

Kapulaga umum dikonsumsi di Asia terutama di wilayah India namun sekarang sudah menyebar hingga eropa. Kegunaan utama kapulaga adalah sebagai penguat rasa dan aroma makanan.
Namun kapulaga juga baik untuk kesehatan karena mengandung minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik.

Manfaat kapulaga bagi kesehatan adalah untuk mengatasi batuk, mulas, kejang usus, sakit tenggorokan, sembelit, infeksi, bronkitis keluhan hati dan kantong empedu dan masih banyak lagi
Kapulaga bahkan dapat membantu menurunkan berat badan lho Moms. Kapulaga banyak yang dijadikan ekstraknya dan kemudian dikemas dalam suplemen herbal, maka wajar jika kapulaga berharga mahal.

Berapa sih Harga Kapulaga?

Kenali Perbedaan Kapulaga Hijau dan Putih, Rempah Eksklusif dengan Harga Selangit

Manfaat yang banyak membuat kapulaga diekstrat dalam beberapa varian seperti cairan, teh dan bubuk biji  (kering dan utuh). Untuk harga kapulaga berbeda-beda sesuai jenisnya.

Harga kapulaga putih basah perkilo berkisar Rp19.000, untuk kapulaga kering harganya mencapai Rp65.000,- hingga Rp75.000,-,. Sedangkan harga kapulaga putih bubuk bisa mencapai Rp140.000. Harga ini bisa naik hingga hingga Rp.187.000 per kilo jika kebutuhan pasar kian meningkat. Jadi, jika panen satu hektar pertanaman mendapat 600 kg kapulaga putih kering, pendapatan bisa mencapai Rp112.200.000.

Sedangkan harga kapulaga hijau basah adalah Rp23.000. Untuk kapulaga kering dengan harga Rp310.000 sampai Rp315.000,. Sedangkan jenis kapulaga yang bubuk bisa mencapai Rp380.000 per kg nya. Jadi untuk sekali panen petani bisa meraup sampai Rp300.000.000. hmmm untung banget ya Moms.  Tiap rempah memiliki manfaat yang berbeda, kapulaga dengan bannya khasiat memang memiliki harga tinggi jadi seimbanglah ya. Selamat berburu kapulaga ya Moms.