Seputar Brokoli Hijau

Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno lho Moms. Sayuran ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970-an dan sangat populer di kalangan sayur mayur. Bentuk sayur ini juga sangat unik, tampak seperti bunga berwarna hijau segar.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli juga mirip dengan kembang kol, namun bedaya brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.

Seputar Brokoli Hijau

Nutrisi Brokoli

Brokoli ini termasuk ke dalam jenis makanan yang super lho Moms, karena brokoli ini mengandung banyak gizi dan rendah kalori. Nah, berikut ini kandungan nutrisi brokoli.

Nilai Gizi yang terkandung dalam 156 gram brokoli 

  1. Kalori 43.68 kal
  2. Protein 4.66 g 
  3. Asam Lemak 
  4. Omega-3 0.20 g 
  5. Karbohidrat 8.19 g 
  6. Lemak 0.55 g 
  7. Kalsium 74.72 g 
  8. Fosfor 102.80 mg 
  9. Besi 1.37 mg 
  10. Brokoli merupakan sayuran yang rendah kalori, rendah lemak, dan bebas kandungan lemak jenuh, tinggi kalium dan rendah sodium
  11. Kandungan serat dalam brokoli lebih banyak daripada serat yang ada dalam roti gandum
  12. Mengandung folat
  13. Kandungan vitamin di dalam brokoli sangat tinggi
  14. Kandungan kalsium setara dengan segelas susu
  15. Mengandung Vitamin K
  16. Brokoli mengandung karoten, lutein
baca juga

Manfaat Brokoli Hijau

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, maka dipastikan juga brokoli ini memiliki manfaat yang melimpah juga. Apa saja sih manfaatnya?

  1. Bermanfaat untuk mendukung program diet sehat.
  2. Mencegah dan mengobati penyakit jantung.
  3. Mempertajam penglihatan mata.
  4. Menjaga dan merawat kesehatan kulit.
  5. Menjaga kesehatan pencernaan.
  6. Mencegah penyakit kardiovaskuler.
  7. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  8. Menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  9. Mencegah depresi yang berlebihan.
  10. Mencegah dan mengobati penyakit kanker, tumor ataupun kista.
  11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  12. Menjaga kesehatan sistem saraf pusat (otak).
  13. Meningkatkan intelektualitas atau kecerdasan.
  14. Menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
  15. Mengendalikan kadar gula dalam darah.
  16. Mencegah dan mengobati penyakit alzheimer.
  17. Mengobati penyakit saluran pernapasan seperti asma dan lainya.
  18. Mencegah segala macam radikal bebas.
  19. Mengurangi peradangan atau rasa sakit.
  20. Baik untuk memberi nutrisi ibu hamil, bayi ataupun balita.
Manfaat Brokoli Hijau

Cara Mengolah Brokoli yang Benar

Kandungan gizi dan manfaatnya yang melimpah, sayang sekali jika pengolahannya tidak tepat. Pengolahan brokoli yang salah akan menyebabkan kandungan nutrisinya juga berkurang, maka dari itu Moms di rumah harus mengetahui cara pengolahan brokoli yang tepat agar kandungan nutrisi serta manfaatnya tetap terjaga.

Kalau begitu, bagaimana sih cara mengolah brokoli yang benar? 

baca juga

Cara Memotong dan Mencuci Brokoli yang Tepat

Mungkin Moms di rumah masih ada yang bingung bagaimana cara memanfaatkan brokoli dengan baik karena bentuknya yang unik. Kebanyakan orang memanfaatkan hanya bagian atasnya atau pada bunganya saja yang dimasak. Namun sebenarnya kita bisa memanfaatkan seluruh bagian brokoli lho Moms, termasuk tangkai atau bagian badannya. 

Nah cara memotong brokoli yang tepat seperti ini Moms langkahnya:

  1. Mulailah dari batang brokoli. Potong ujung akar yang terlihat kering dan berubah warna. Gunakan pisau pengupas sayuran untuk mengupas seluruh batang brokoli. Lalu, iris batang menjadi beberapa bagian.
  2. Jika batang brokoli terbagi beberapa batang lain yang tumbuh membentuk kembang, potonglah terpisah satu sama lain.
  3. Setelah semua batang brokoli terpotong, selanjutnya potong kuntum kembang brokoli, pastikan ukurannya sama besar. Untuk memotong bagian kembang brokoli, atur sehingga sisi batang menghadap ke atas dan kembang di bawah. Potong batang hingga setengah, lalu gunakan kedua tangan untuk memisahkan brokoli menjadi dua bagian.
Cara Memotong dan Mencuci Brokoli yang Tepat

Setelah dipotong, brokoli juga perlu dicuci sebelum dimasak. Nah Moms, ada trik khusus nih untuk mencuci brokoli, yaitu:

  1. Cuci brokoli pada air yang mengalir. Hal ini akan memudahkan Anda agar kotoran-kotoran yang ada pada brokoli dapat langsung terbilas.
  2. Selain dengan air biasa, Moms juga bisa mencuci dan membersihkan brokoli dengan menggunakan air garam. Air garam dalam hal ini adalah air yang dicampurkan dengan garam yang dikenal cukup ampuh dalam membersihkan beragam kotoran yang ada pada sayuran.

Durasi Memasak Brokoli yang Baik

Merebus sayuran itu tidak perlu lama-lama, ya Moms. Selain karena warnanya akan jadi pucat, nutrisinya juga jadi meluruh bersama air. Sayuran hanya perlu dimasak hingga empuk saja. Untuk brokoli, sekitar 5 menit untuk memasaknya. Jangan sampai lembut karena artinya itu sudah overcooked. Mengetahui sudah empuk atau belum, Moms bisa menusukkan garpu ke brokoli. Kalau garpu dapat menusuk dengan mudah, artinya brokoli sudah matang.

Durasi Memasak Brokoli yang Baik