Semua itu nanti akan sangat berguna ketika Moms akan melahirkan. Pernapasan yang baik saat melahirkan akan membuat Moms tidak banyak kehilangan tenaga saat melahirkan. Kalau begitu, Mommies harus tahu nih apa saja Dos & Don'ts senam yoga ibu hamil yang harus Moms tahu.

Senam yoga ibu hamil adalah salah satu bentuk senam relaksasi yang dibutuhkan ibu hamil. Tujuannya tidak hanya agar ibu hamil lebih relaks menghadapi masa persalinan, tapi agar Moms tahu pola pernapasan yang benar ketika bersalin nanti. Karena dengan pernapasan yang benar, maka Moms tidak akan terengah-engah atau kehilangan banyak tenaga saat melahirkan nanti.

Dos


Biasanya senam yoga hamil dilakukan oleh ibu hamil dengan usia kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga. Nah untuk memperlancar persalinan ada gerakan-gerakan senam yoga ibu hamil 6 bulan dan senam yoga ibu hamil 9 bulan yang boleh Moms lakukan. Apa saja?

  • Senam Kegel, Senam kegel adalah gerakan olahraga yang paling mudah dan bisa Moms lakukan di mana saja. Caranya, kontraksikan otot sekitar saluran kencing dan vagina dengan gerakan seperti menahan kencing, tahan selama 3 – 10 detik. Senam hamil ini bisa Moms lakukan hingga 10 kali setiap harinya.
  • Senam Jongkok, Gerakan senam jongkok bisa memperkuat otot di sekitar panggul dan paha, sehingga berguna untuk memperlancar proses persalinan.
Dos
source: https://theurbantwist.com/
  • Pose Kupu-kupu, pose kupu-kupu ini bisa Moms lakukan guna melatih otot paha dan mengurangi resiko sakit punggung yang sering dialami oleh ibu hamil.
  • Duduk Bersila, gerakan duduk bersila hampir sama dengan gerakan yoga dan berguna untuk mengencangkan otot sekaligus mencegah stres selama kehamilan.
  • Mengangkat Panggul, Senam dengan gerakan mengangkat panggul ke atas bermanfaat untuk mengencangkan otot perut dan memberi rasa rileks selama persiapan proses persalinan nanti.
  • Senam dengan Yoga Ball, Yoga ball sangat berguna untuk menjaga keseimbangan selama kehamilan, menguatkan otot-otot perut, membantumu untuk lebih rileks, hingga mengurangi rasa sakit pada punggung bagian bawah.
baca juga

Don'ts


Meski senam yoga ibu hamil disarankan, namun Moms juga harus berhati-hati, ya.

  • Hentikan gerakan yoga jika Moms sudah merasa lelah.
  • Jangan melakukan gerakan dengan posisi terlentang terutama pada trimester kedua dan ketiga.
Don'ts
source: https://www.orami.co.id/
  • Hindari olahraga lari. Moms yang tidak terbiasa lari jangan lakukan olahraga lari saat hamil. 
  • Jika Mommies merasa pusing, sakit kepala, nafas pendek, sakit dada, dan pendarahan. Moms harus benar-benar berhenti melakukan senam yoga, dan bergegas ke dokter.

Namun untuk Moms yang saat ini usia kehamilannya masih terbilang muda, boleh juga kok melakukan senam yoga ibu hamil mudaBiasanya senam yoga ibu hamil muda dilakukan ketika usia kandungan memasuki bulan keempat. Gerakan-gerakan senam yoga ibu hamil 4 bulan antara lain:


 

baca juga

Ardha Titali Asan (Half Butterfly)


Pertama-tama, Moms duduk tegak di atas yoga mat dengan meluruskan kedua kaki ke depan. Kemudian tekuk kaki kanan ke atas paha kiri sehingga tumit kaki mengenai persendian antara tulang paha dan juga tulang punggul serta lutut kanan akan terangkat.

Lanjutkan dengan meletakkan tangan kanan pada lutut kanan, kemudian pegang ibu jari kaki kanan dengan menggunakan tangan kiri. Tarik napas, secara perlahan gerakkan lutut kanan ke atas ke arah dada.

Ardha Titali Asan (Half Butterfly)
source: http://www.apasih.web.id

Sambil menghembuskan nafas, dorong kembali lutut kanan dengan cara perlahan ke bawah lalu cobalah untuk menyentuh yoga mat. Jangan lupa juga untuk melakukan gerakan seperti itu pada kaki kiri. Idealnya gerakan yoga seperti ini dilakukan sampai 10 kali untuk masing-masing kaki.
 

Gerakan Yoga Palm Tree Pose (Tadasan)


Berdiri dengan posisi kedua kaki merapat, lalu letakkan kedua tangan di sisi tubuh. Kemudian kunci jari-jari tangan (seperti bentuk tangan pada saat sedang berdoa). Lalu angkat dan luruskan kedua tangan ke atas kepala dengan posisi dari telapak tangan ke arah atas atau luar. Tarik napas secara perlahan, berjinjitlah ke atas lalu regangkan seluruh tubuh.

Gerakan Yoga Palm Tree Pose (Tadasan)
source: http://www.satyaliveyoga.com.au/

Kemudian buang napas dan kembalilah ke posisi semula. Karena usia kehamilan Moms masih tergolong muda, maka sebaiknya gerakan yoga palm tree pose (tadasan) ini dilakukan sebanyak 5 sampai dengan 10 kali saja.

Nah Moms, jadi itu tadi Dos & Don'ts yang wajib Moms ketahui ketika melakukan senam yoga ibu hamil. Sehat terus ya, Moms!