Amankah Anti Nyamuk Elektrik untuk Bayi?

Amankah Anti Nyamuk Elektrik untuk Bayi?

Telah kita ketahui bahwa bentuk obat nyamuk di pasaran sangat beragam, mulai dari obat nyamuk bakar, semprot bahkan elektrik. Semua jenis obat nyamuk memang prinsipnya sama yaitu untuk membasmi nyamuk. Namun amankah penggunaannya terhadap bayi? Jawaban sebenarnya adalah tidak. Selain mengusir nyamuk, ternyata obat anti nyamuk elektrik sekalipun dapat membahayakan kesehatan. Mengapa berbahaya? Penjelasannya di bawah ini, Moms.

Bahaya Penggunaan Anti Nyamuk Elektrik bagi Bayi

Bahaya Penggunaan Anti Nyamuk Elektrik bagi Bayi

Moms, pada prinsipnya anti nyamuk bakar atau elektrik memiliki cara kerja yang sama yaitu dengan mengeluarkan asap atau wangi yang bisa membasmi nyamuk. Hal ini lah yang sering disalahartikan oleh kebanyakan Moms. Wangi yang dihasilkan dari anti nyamuk elektrik tidak sepenuhnya aman karena di dalamnya terkandung beberapa racun untuk membunuh nyamun yang dapat terhirup oleh si kecil.

Biasanya, setiap jenis obat nyamuk memiliki kandungan bahan-bahan aktif bernama dichlorovynil dimethyl (DDVP), propoxur (karbamat), dan diethyltoluamide yang termasuk jenis bahan insektisida pembunuih serangga. Ketiga bahan aktif ini dapat menyebabkan gangguan pernafasan, iritasi kulit bahkan keracunan.

baca juga

Tips Aman Menggunakan Obat Nyamuk Elektrik

Tips Aman Menggunakan Obat Nyamuk Elektrik

Ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan jika tetap ingin menggunakan obat anti nyamuk elektrik untuk si kecil. Diantaranya:

  1. Pastikan ruangan tempat kita memasang obat nyamuk ini memiliki sirkulasi udara yang baik supaya zat-zat di dalamnya bisa menyebar dan menguap, sehingga zat berbahaya tidak terkumpul di dalam kamar si kecil.

  2. Langsung matikan obat nyamuk elektrik sesudah memakainya atau set alarm hingga di rasa nyamuk-nyamuk sudah tidak ada.

  3. Coba untuk tidak menggunakannya terlalu sering dan perlahan mulai mencoba anti nyamuk alami, seperti menggunakan difuser yang mengandung minyak lavender.

Rekomendasi Anti Nyamuk Elektrik Terbaik

baca juga

1. Anti Nyamuk Elektrik dengan Sinar UV

1. Anti Nyamuk Elektrik dengan Sinar UV

Jika Moms merasa bahwa anti nyamuk di pasaran yang memiliki wewangian berbahaya untuk si kecil. Moms bisa memilih alternatif lain seperti anti nyamuk elektrik dengan sinar UV ini. Selain tidak menghasilkan wangi yang mematikan, anti nyamuk ini juga efektif untuk membunuh serangga lainnya yang sama-sama dapat membahayakan si kecil. Menggunakan anti nyamuk elektrik sinar UV ini pun lebih hemat karena memiliki daya listrik yang rendah dan tidak membutuhkan isi ulang seperti anti nyamuk eletrik konvensional lainnya.

2. Difuser

2. Difuser

Namun, jangan berkecil hati jika Moms masih ingin menggunakan anti nyamuk yang mengeluarkan wangi. Moms bisa menggunakan difuser dengan minyak lavender atau sereh untuk membasmi nyamuk. Selain dapat mengusir nyamuk, difuser ini pun bisa sekaligus menjadi aromatheraphy yang baik untuk kesehatan terutama bagi si kecil yang sedang pilek. Multifungsi bukan, Moms?

Bagaimana? Masih mau pakai anti nyamuk elektrik atau alternatif yang lebih aman?