Mengatur pola makan biasanya dilakukan para pelaku diet rendah karbohidrat, apakah moms juga salah satunya? Istilah "Belum makan nasi = belum makan" pun sering diutarakan para moms Indonesia dan menjadi alasan untuk mengurungkan niat untuk diet. Beberapa di antara mereka mengganti beras putih dengan beras merah. Alasannya bermacam-macam, mulai menghidari karbohidrat tinggi, mengurangi kandungan glukosa, dan lainnya. 

Bagi moms yang sedang menjalani pola makan rendah kalori, Mommyasia akan memberikan sebuah kabar gembira! Ada sebuah jenis beras yang dinyatakan hampir tidak memiliki kadar kalori di dalamnya dan ini diberi nama beras sirataki.
Shirataki, Beras Nol Kalori yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Kandungan beras sirataki

Berbeda dari beras pada umumnya, beras shirataki terbuat dari iles-iles yang tumbuh di hutan. Iles-iles adalah umbi, sayur yang biasanya ditemukan di hutan. Kandungan beras hampir tidak memiliki kadar kalori sehingga  menjadi andalan para wanita Jepang meraih dan mempertahankan tubuh langsing mereka. Bahkan ini telah menjadi bagian dari diet orang Asia selama hampir 2000 tahun.

baca juga

Manfaat beras shirataki untuk diet

Beras ini terbuat dari serat-serat yang mudah larut dan hal tersebut sangat penting bagi moms yang ingin menurunkan berat badan. Serat-serat tersebut akan membantu moms cepat kenyang, dan juga membantu pencernaan.

Manfaat beras shirataki untuk diet

Manfaat beras shirataki untuk kesehatan

Shirataki juga bebas kedelai dan gluten, sehingga sangat cocok bagi mereka yang memiliki alergi kedua jenis tersebut. Selain itu manfaat beras sirataki pada dasarnya mampu membantu mengontrol diabetes. Beras ini mampu memperlambat porses pencernaan dan mengatur penyerapan glukosa, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.

Di negara asalnya, Jepang, beras ini diolah menjadi bihun atau mi dalam masakan Sukiyaki. Teksturnya bening, kenyal, dan tawar. Nasi ini sangat rendah kalori, bahkan sering dinyatakan nol kalori dan juga tidak mengandung lemak.

Manfaat beras shirataki untuk kesehatan

Tidak heran, nasi ini jadi pilihan tepat bagi para moms yang tengah diet. Terlebih proses hingga bisa dimakan pun tidak merepotkan. Semakin enak hika disajikan dengan berbagai masakan kaya bumbu.

Harga beras shitaki di berbagai online shop mulai dijual dengan harga Rp10.000an untuk 200gram. Sedangkan mie kering sirataki dibanrol dengan harga Rp35.000 setiap 250 gram. So, moms mau mulai mencobanya?