Ayam Kapas dan Cirinya

Silkie Chicken atau ayam kapas, serupa dengan namanya, ayam hias dengan ukuran tubuh relatif kecil ini memang memiliki bulu unik menyerupai gumpalan kapas yang lembut dan lebih tebal daripada bulu ayam pada umumnya. Hal itu juga yang membuat jenis ayam kapas sangat cocok untuk dipelihara sebagai ayam hias. Selain bulunya, keunikan lain dari ayam kapas yaitu memiliki tulang dan daging berwarna hitam meskipun warna bulunya beragam serta memiliki jari kaki sebanyak 5 buah sementara ayam biasa hanya memiliki 4 jari, Moms.

Ciri-ciri ayam kapas diantaranya memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil dari ayam biasa, memiliki daya tahan tinggi terhadap penyakit, mudah dipelihara karena mudah berdaptasi dengan lingkungan sekitar, ayam kapas mempunyai jengger dan pial berwarna hitam, dapat memproduksi telur sampai 200 butir per tahun dan bobot ayam kapas jantan berkisar 1 - 1,4 kg sedangkan betina jauh lebih kecil sekitar 0,8 – 1 kg saja. Termasuk ayam mahal, ayam kapas dewasa bisa dihargai sekitar Rp300.000 per ekor.

Ayam Kapas, Ayam Imut Berbulu Lembut yang Menggemaskan

Tak banyak orang yang mengira bahwa ayam kapas ini bisa dikonsumsi. Seperti halnya di negara asal ayam kapas yakni China, ayam kapas sudah lumrah dijadikan ayam konsumsi sejak dulu untuk memulihkan stamina. Berbeda dengan di Indonesia, ayam ini umumnya hanya dijadikan ayam hias. Dengan tampilan yang menggemaskan seperti itu, ayam kapas memang lebih cocok dipelihara. Selain itu, keseluruhan daging ayam yang berwarna hitam, membuat tak semua orang mau mengonsumsinya kecuali untuk pengobatan.
 
Namun ternyata jika berniat mengonsumsinya, daging ayam kapas ini juga bisa dikonsumsi loh, Moms. Bahkan berkhasiat juga untuk kesehatan, antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, memiliki kandungan protein yang tinggi, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan sel darah merah, menjaga kesehatan tulang dan saraf sampai dengan meningkatkan kesuburan.

Telah banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, warna bulu dari ayam kapas yaitu putih, coklat, abu-abu dan hitam.

Ayam Kapas, Ayam Imut Berbulu Lembut yang Menggemaskan
baca juga

Ayam Kapas Putih

Persis seperti kapas putih yang bersih dan lembut. Ayam kapas berbulu putih ini memiliki bulu putih panjang tebal yang melekat satu sama lain seperti kapas. Jika ingin memelihara ayam kapas dengan warna bulu putih, sebaiknya selalu jaga kebersihan kandang ya agar warna putihnya tidak menjadi kotor atau berubah warna. Warna jengger dan kakinya yang hitam legam juga sangat kontras dengan bulu berwarna putih.

Ayam Kapas, Ayam Imut Berbulu Lembut yang Menggemaskan

Ayam Kapas Coklat

Berwarna coklat muda, ayam kapas ini juga menggemaskan deh Moms. Bulunya yang lebat bahkan tak jarang hingga menutupi bagian wajah ayam juga, Moms. Matanya jadi tak kelihatan. Lucu juga ya, Moms.

Ayam Kapas, Ayam Imut Berbulu Lembut yang Menggemaskan
baca juga

Ayam Kapas Hitam

Ayam kapas dengan bulu berwarna hitam ini benar-benar melengkapi warna hitam pada tubuhnya, dari mulai daging, tulang, bulu dan jenggernya semuanya hitam, Moms.

Jadi, apakah tertarik untuk memelihara atau mengonsumsi ayam kapas, Moms?

Ayam Kapas, Ayam Imut Berbulu Lembut yang Menggemaskan