Kandungan Nutrisi Sayur Bayam

Pada dasarnya kandungan nutrisi bayam hijau dan bayam merah memiliki kandungan gizi yang sama, walau ada beberapa perbedaan nilai kandungannya.
 
Bayam merah mempunyai zat gizi yang lebih tinggi dari bayam hijau, sehingga bayam merah sangat baik untuk mendapatkan asupan energi, karbohidrat, mineral kalsium, protein, vitamin B3 (niasin) dan fosfor yang lebih banyak.
 
Namun, bayam hijau memiliki kandungan zat besi dan vitamin A, dan betakaroten lebih banyak yang bagus untuk anak. Selain itu, bayam merah dan hijau sama-sama memiliki senyawa penting seperti flavonoid, saponin, lutein, steroid dan lainnya yang termasuk dalam zat antioksidan.

Kandungan Nutrisi Sayur Bayam

Manfaat Sayur Bayam untuk Anak

  • Melancarkan Pencernaan: Bayam yang kaya akan serat dan kandungan air mudah membuat anak-anak merasa kenyang dan mencegah sembelit
  • Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi: Vitamin K yang ada pada bayam berguna sebagai penunjang jaringan protein pada tulang dan meningkatkan penyerapan kalsium yang baik, sehingga mencegah dari penyakit osteoporosis.
  • Kaya Akan Zat Besi : Zat besi adalah mineral yang sangat dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Dimana sel darah merah dapat membantu daya tangkap anak, mempercepat pertumbuhan motorik, menjauhkan dari infeksi atau bakteri seperti flu.
  • Mencegah Terjadinya Kelebihan Berat Badan: Terkadang nafsu makan anak yang tidak terkontrol akan menyebabkan berat badan yang semakin naik. Bayam adalah salah satu sayuran yang memiliki zat rendah kalori, namun memiliki nutrisi tinggi yang mudah dicerna dan diserap tubuh dengan cepat dan mudah membuat anak kenyang
Resep Sayur Bayam Merah Bening

Pada  dasarnya cara memasak sayur bayam hijau dengan merah tidak memiliki perbedaan, hanya saja warna merah pada bayam merah akan luntur dan tampak warna bayam hijau tua setelahnya. Warna kuahnyalah yang akan sedikit berubah kemerahan. Namun, karena kandungan nutrisinya cukup baik, moms sangat boleh mencoba resep bayam merah ini lho.
 
Bahan :

  • 2 ikat bayam merah, siangi
  • 1-2 buah jagung manis ukuran sedang, potong sesuai selera
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 5 siung bawang merah dan 2 siung bawah putih, iris tipis atau dimemarkan (jumlah siung sesuai selera)
  • Garam dan gula secukupnya

 
Cara Membuat:

  1. Rebus kurang lebih 1 lt tunggu mendidih, masukan bumbu bawang merah, bawang putih, rebus hingga beraroma
  2. Setelah itu masukan potongan jagung dan masak hingga empuk
  3. Tambahkan tomat, garam, sedikit gula secukupnya, masak hingga mendidih
  4. Setelah semuanya, masukan bayam, coba hingga rasanya sesuai, masak hingga bayam layu. Lalu angkat dan sajikan
     
Manfaat Sayur Bayam untuk Anak
baca juga

Resep Sayur Sop Bayam Jagung

Jika anak sulit untuk memakan masakan yang bening dan kurang menarik, moms bisa tambahkan sedikit variasi. Contohnya dengan resep sayur sop bayam jagung di bawah ini:
Bahan:

  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • Bawang putih, serta bawang merah memarkan dengan jumlah sesuai selera
  • 1 tomat di potong-potong
  • 5 buah bakso, potong-potong
  • 2 ikat daun bayam, pilih daun mudanya dan cuci bersih
  • 1 buah jagung, sisir, pisahkan hanya biji saja
  • garam dan gula pasir secukupnya

 
Cara Membuat:

  1. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang merah dan putih yang telah disiapkan, tumis hingga harum
  2. Masukan potongan bakso dan masak hingga matang, lalu tuang air sekitar 500 ml, masak hingga mendidih
  3. Tambahkan jagung manis, tunggu hingga cukup empuk, lalu masukan bayam serta tomat. Serta masukan bumbu seperti garam, gula, tunggu hingga mendidih lalu angkat dan sajikan

Sayur sop dengan campuran bahan lain dan tumisan bawang akan memberikan rasa daripada dimasak bening. Anak pun akan lebih mudah menikmatinya moms.
 
Aturan Konsumsi Sayur Bayam Setelah Dimasak
Hal lain yang perlu diingat, bayam memiliki zat yang bersifat racun bila dipanaskan kembali atau disimpan terlalu lama setelah matang. Ini dikarenakan, zat besi dan senyawa nitratnya yang terkandung di dalamnya akan terurai atau teroksidasi dan menjadi nitrit yang beracun.
 
Oleh karena itu sebaiknya, sayur bayam yang telah masak, paling lama dapat bertahan hanya sekitar 5 jam ya moms.

Resep Sayur Sop Bayam Jagung