Yup, belanja online memang mempermudah moms memenuhi kebutuhan. Baik itu kebutuhan pribadi ataupun kebutuhan si kecil. Supaya moms lebih nyaman dalam belanja online dan terhindar dari tindakan cyber crime, ada baiknya moms coba deh tips belanja online dengan aman berikut ini.

Jangan Tergiur Harga Murah

Eits, jangan keburu jatuh cinta saat melihat barang dengan harga murah yang ditawarkan oleh situs e-commerce. Apalagi kalau situs itu meminta password dan ID moms tanpa ijin. Biasanya hal tersebut adalah kerjaan spammer.

Mereka mengirim email seolah dari perusahaan baik-baik. Jadi alangkah baiknya moms mengunjungi situs e-commerce resmi seperti blibli.com, shoppee, tokopedia, sociolla, dll.

Oh ya satu lagi soal harga murah, jika seller menawarkan harga yang sangat murah atau terbilang tidak wajar dengan harga produk di counter pada umumnya, bisa jadi barang tersebut adalah barang palsu. Jadi moms harus benar-benar teliti ya dalam memilih seller.

Biar Nggak Tertipu, Yuk Moms Pintar Belanja Online Dengan 4 Tips Ini!
source: http://www.ohmyindia.com

Belanja Online Bayar di Tempat

Umumnya pembayaran dalam belanja online menggunakan kartu kredit, melalui ATM, mobile banking, atau gerai retail modern. Memang digital payment ini sangat memudahkan transaksi moms. Akan tetapi jika moms sering menggunakan kartu kredit maka jejak transaksi dan juga nomor kartu kredit moms akan terekam di jejak digital yang bisa dicuri oleh orang tak bertanggung jawab.

Demi menjaga keamanan informasi rekening dan kartu kredit moms bisa mempertimbangkan sistem pembayaran dengan Cash On Delivery (Bayar Di tempat) atau PayPal.

Cek Deskripsi dan Rincian Produk

Biar Nggak Tertipu, Yuk Moms Pintar Belanja Online Dengan 4 Tips Ini!
source: https://www.pakstyle.pk

Jika moms ingin mendapatkan barang yang sesuai keinginan, saat belanja online biasakan untuk membaca dengan teliti deskripsi dan juga rincian produk yang telah ditulis oleh seller. Lihat apakah barang tersebut benar-benar asli, untuk makanan dan kosmetik jangan lupa cek tanggal kadaluarsanya.

Supaya lebih yakin, moms juga bisa membaca komentar atau penilaian para pembeli yang sudah lebih dulu membeli barang tersebut. Waspada dengan barang branded yang dijual dengan harga murah, bisa jadi barang tersebut palsu.

baca juga

Simpan Bukti Transaksi

Biar Nggak Tertipu, Yuk Moms Pintar Belanja Online Dengan 4 Tips Ini!
source: https://www.pymnts.com

Meski sifatnya online, moms tetap harus menyimpan bukti transaksi sebagai bentuk preventif jika ada masalah dengan barang yang moms beli. Misalkan barang tidak sesuai dengan deskripsi penjual, atau barang yang dikirim tidak sesuai permintaan, hingga keterlambatan pengiriman.

Dengan tips di atas semoga moms bisa belanja online dengan lebih bijak ya!