Apa Sih Tauco Itu?

Apa Sih Tauco Itu?

Tauco sudah dikenal penggunaannya sebagai bumbu masakan. Tapi tahukah Moms, kalau tauco itu berasal dari biji kedelai? Yups, tauco terbuat dari biji kedelai yang ditumbuk setengah kasar kemudian diberi ragi dan di fermentasi hingga ditumbuhi jamur. Karena itulah, tauco memiliki aroma dan rasa yang khas.

Tahukah Moms, tauco bisa dibedakan menjadi tauco basah dan tauco kering? Ternyata perbedaan ini tergantung dari asal tauco sendiri Moms. Di Indonesia, banyak sekali kota-kota yang menghasilkan tauco seperti Medan, Pekalongan dan lain-lain. Namun untuk pembahasan kali ini, kita bahas tauco dari Cianjur yuk, Moms. 

Tauco Cap Meong Khas Cianjur

Tauco Cap Meong Khas Cianjur

Cianjur memang sangat terkenal dengan bumbu khasnya, yaitu tauco. Oleh karena itu, banyak sekali produsen tauco di Cianjur. Namun ternyata, ada tauco yang sangat legendaris di Cianjur. Ya, benar Tauco Cap Meong. Tauco ini memang sudah sangat legendaris nih di kota Cianjur. Memang selegendaris apa sih Tauco Cap Meong ini? Cari tahu yuk, Moms! 

baca juga

Sejarah Tauco Cap Meong

Sejarah Tauco Cap Meong

Ternyata, Tauco Cap Meong sudah ada dari tahun 1880-an lho, Moms. Pantas saja Tauco Cap Meong ini menjadi pelopor produsen Tauco di Cianjur. Bisnis Tauco Cap Meong ini dilakukan secara turun temurun oleh keluarga Ny. Tasma atau Tjoa Kim Nio. Meskipun sudah hampir 2 abad, kerennya rasa tauco Cap Meong ini tidak berubah sejak awal pembuatan. Hal ini lah yang membuat begitu banyak wisatawan yang menyerbu Tauco Cap Meong untuk dijadikan oleh-oleh.

Harga Tauco Cap Meong

Harga Tauco Cap Meong

Jika Moms mampir ke Cianjur dan ingin membeli Tauco Cap Meong yang melegenda ini, Moms cukup merogoh kocek sebesar Rp12.000 untuk ukuran 200 ml dan Rp16.000 untuk ukuran 350 ml. Cukup terjangkau untuk menikmati bumbu khas Cianjur yang melegenda ini ya, Moms.