Belanja bulanan sudah menjadi agenda yang wajib dilakukan ya moms. Keperluan rumah tangga selama sebulan memang harus dipenuhi agar sewaktu-waktu dibutuhkan, sudah tersedia di rumah, tidak perlu lagi pergi ke pasar atau supermarket.

Kadang belanja bulanan bisa menghabiskan uang terlalu banyak, hal itu bisa terjadi karena mungkin moms tidak prepare sebelum belanja seperti tidak menyiapkan list bahan-bahan yang akan dibeli, terkadang pula moms kalap membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan dan masih banyak faktor lainnya.

Berikut ulasan ini memberikan tips belanja bulanan murah yang enggak akan menghabiskan uang bulanan moms habis seketika.

Buat Catatan Belanja Rutin Bulanan

Sebelum pergi ke pasar atau supermarket untuk belanja bulanan, moms harus buat daftar catatan apa saja yang akan dibeli nantinya. Hal tersebut akan meminimalisir terjadinya ‘membeli barang yang tidak dibutuhkan’ moms. Selain itu, dengan adanya catatan, moms akan mengetahui perkiraan harga dari belanja bulanan.

Buatlah catatan barang-barang seperti bahan makanan, keperluan rumah tangga seperti alat mandi, dan lain-lain. Jika moms merasa belanja di sebuah tempat terlalu mahal, moms bisa mencari di tempat lain.  

Buat Catatan Belanja Rutin Bulanan
baca juga

Lihat Katalog Promo

Barang promo lumayan banget moms untuk menjaga keuangan. Sebelum pergi ke pusat perbelanjaan, moms bisa mampir ke bagian katalog promo karena di dalam katalog tersebut, moms bisa menemukan jenis produk, merek, harga normal, dan promo apa yang ditawarkan.

Lihat Katalog Promo

Bandingkan Harga

Setelah berbelanja, moms jangan langsung membuang nota belanja, ya. Setibanya di rumah, moms bisa bandingkan dengan harga-harga barang saat belanja di bulan lalu. Atau moms bisa bandingkan harga di tempat A dan di tempat B atau yang jual di online. Hal tersebut membuat pengetahuan moms tentang keperluan bulanan bertambah, sehingga untuk belanja di bulan berikutnya, moms sudah mengetahui tempat yang menjual bahan bulanan murah.

Selain itu, moms juga tidak perlu terlalu memperhatikan merek. Seperti saat membeli sabun cuci, moms bisa membeli yang harganya terjangkau, karena pada umumnya jenis merek sabun cuci sama saja, begitu juga dengan produk lainnya. Ingat ya moms, bandingkan harga produk yang satu dengan produk lainnya.

Bandingkan Harga
baca juga

Catat Jadwal Diskon

Agar tidak ketinggalan tanggal diadakannya diskon, moms harus mencari tahu dan catat agar selalu ingat. Tapi ingat moms, jangan sampai terlena dengan barang diskon. Biasanya, selagi diadakan diskon, kita seperti lupa dan bebas membeli barang apa saja. Sampai rumah, moms baru sadar barang yang dibeli tidak terlalu dibutuhkan.

Saat pergi belanja, moms harus selalu mantapkan niat membeli barang yang dibutuhkan saja. Fokus ke tujuan awal belanja ya, moms.

Catat Jadwal Diskon