Gula Aren adalah pemanis alami yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau atau pohon aren. Dikatakan pemanis alami karena gula aren memang dibuat dari bahan alami jadi aman untuk dikonsumsi.

Ada bermacam-macam gula aren yang dijual di pasaran. Ada gula aren asli Medan, gula aren asli Lampung, gula aren asli Banten, dan gula aren asli MaduraDi Indonesia biasanya gula aren digunakan untuk campuran makanan dan minuman tradisional, seperti bubur sumsum atau es dawet.

Ada di Berbagai Daerah di Indonesia, Gula Aren Berasal Dari Apa Sih?
source: http://jogja.tribunnews.com/

Tidak hanya digunakan untuk makanan dan minuma tradisional, proses pembuatan gula aren pun melalui cara tradisional pula. Bunga jantan pohon aren dikumpulkan di dalam bumbung bambu lalu ditambahkan kawao sebagai pengawet agar nira tidak mengalami peragian.

Kemudian nira direbus di atas tungku dalam sebuah wajan besar. Kayu yang digunakan untuk menyalakan api tungu adalah kayu terbaik yang sudah tua, karena proses memasaknya akan lebih cepat.

Biasanya gula aren juga disebut dengan gula batok, karena ada bentuk-bentuk gula aren yang menyerupai batok kelapa.
 

Manfaat Gula Aren


Tidak hanya sebagai pemanis alami yang digunakan untuk makanan dan minuman, tapi ternyata gula aren asli manfaatnya sangat besar lho untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja?

  • Mencegah Kanker, Karena gula aren mengandung vitamin C yang sangat tinggi, maka pemanis alami ini dipercaya mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker.
  • Mengatasi Anemia, gula aren mengandung vitamin dan zat besi yang cukup banyak. Zat besi di dalam gula aren memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga Moms akan terhindar dari anemia.
  • Meningkatkan Imun Tubuh, gula aren dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini dikarenakan gula aren mengandung antioksidan yang cukup tinggi.
  • Menjaga Kadar Kolesterol, manfaat gula aren lainna adalah menjaga kesehatan jantung. Karena terdapat kandungan niasin atau vitamin B, maka gula aren dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal.
Manfaat Gula Aren
source: https://www.jawapos.com/
  • Menghaluskan Kulit, Antioksidan dalam gula aren dan niasin bisa menghaluskan kulit Mommies dan membuatnya nampak lebih indah.
  • Mengobati Sariawan, Moms sedang sariawan? Coba konsumsi gula aren. Karena gula aren juga dipercaya mampu mengobati sariawan pada gusi dan bibir.
  • Membantu Program Diet, jika Moms sedang menjalani diet sebaiknya mengganti konsumsi gula pasir dengan gula aren. Karena gula aren memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan gula pasir sehingga hal ini baik untuk menjaga batasan jumlah asupan kalori harian.
baca juga

Sekarang sudah tidak penasaran kan Moms tentang bagaimana gula aren berasal. Ditambah lagi Moms sudah tahu manfaatnya. Yuk, ganti gula Moms dengan gula aren demi kesehatan tubuh kita.