1. Posisi Tidur

Posisi tidur bayi yang monoton atau tidak berubah selama beberapa waktu menjadi penyebab utama bayi mengalami rambut bayi. Walaupun hingga kini belum diketahui secara pasti alasannya.

Namun, beberapa pihak mengatakan bahwa posisi tidur yang sama dalam beberapa waktu akan membuat bagian rambut itu tidak bisa bernapas sehingga rambut bayi rontok. Karena itu, rubahlah posisi tidur bayi setiap beberapa menit.
 

source: https://www.babycenter.com




2. Kekurangan Gizi

Penyebab rambut bayi rontok selanjutnya adalah karena bayi mengalami kekurangan gizi. Mengapa? Seperti diketahui, kekurangan vitamin H atau biotin dan juga zinc dapat menjadi pemicu bayi mengalami rambut rontok.

Hal tersebut disebabkan, kekurangan gizi dapat mengganggu proses metabolisme yang terjadi di dalam sel lho moms. Karena itu, jangan lupa untuk selalu memberikan sayuran dan buah-buahan kepada Si Kecil ya moms.
 

source: https://www.thebump.com/
baca juga




3. Infeksi Jamur

Salah satu penyebab rambut bayi rontok adalah disebabkan oleh infeksi jamur atau yang biasa dialami adalah kurap (tinea capitis). Kondisi tersebut tentu saja dapat menghambat terjadinya pertumbuhan rambut bayi. Mengapa? Pasalnya kurap atau tinea capitis dapat menutupi pori-pori kulit kepala.
 

source: https://mediskus.com




4. Hormon

Kerontokan rambut pada bayi bisa juga disebabkan karena perubahan hormon. Jika di dalam kandungan, kadar hormon pada bayi tinggi namun saat lahir maka kadar hormon akan menurun karena sudah tidak mendapatkan pasokan dari sang ibu.

Kondisi tersebut membuat rambut bayi mengalami kerontokan. Nah, biasanya rambut bayi rontok selama enam bulan setelah kelahirannya. Namun, moms tak perlu khawatir karena hal tersebut adalah normal.
 

source: http://www.ziptrials.us