Memiliki wajah yang bersih, mulus, dan sehat tentunya adalah dambaan setiap orang. Tapi tak jarang, meskipun sudah merasa merawat kulit wajah dengan baik, tetap masih saja timbul berbagai masalah seperti jerawat. Jerawat pada umumnya terbagi dua, yaitu jerawat batu dan jerawat pasir.

Jerawat batu adalah benjolan besar jerawat yang timbul satu atau dua buah di bagian wajah tertentu, maka jerawat pasir ialah jerawat berukuran kecil berisi nanah (lemak dan kotoran) dan datang secara bergerombol. Jerawat jenis ini paling sering muncul di area dahi, pipi atau dagu. Meskipun nampak seperti komedo, tapi jerawat pasir dan komedo putih adalah 2 masalah yang berbeda.

Jerawat pasir sering kali berupa papula (jerawat berbentuk bintik merah kecil) dan juga pustula (jerawat merah kecil yang berisi nanah). Kemunculan jerawat pasir ini biasanya disertai dengan rasa sakit dan peradangan.

Mengenal Jerawat Pasir, Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Penyebab Munculnya Jerawat Pasir

Kemunculan jerawat pasir bisa disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor dari dalam tubuh dan faktor dari luar tubuh. Faktor dari dalam tubuh di antaranya yaitu faktor psikologis seperti stres. Stres atau banyak pikiran dapat memicu beragam kebiasaan jelek seperti malas membersihkan wajah, merokok, konsumsi alkohol, serta makan makanan tidak sehat yang dapat semakin memicu
timbulnya jerawat. Faktor lain dari dalam tubuh adalah pengaruh hormon, meningkatnya hormon testosteron, atau perubahan hormon pada wanita selama kehamilan dan menopause dapat menimbulkan munculnya jerawat ini.

Sedangkan faktor dari luar tubuh yang menyebabkan jerawat muncul adalah tidak cocok atau salah dalam penggunaan make up maupun skin care, dan juga kurangnya menjaga kebersihan wajah, terutama setelah menggunakan make up atau terpapar debu dan kotoran dari luar ruangan.

Penyebab Munculnya Jerawat Pasir
baca juga

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir

Selain dengan selalu menjaga kebersihan wajah dan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi, jerawat pasir juga dapat dihilangkan dengan cara menggunakan produk tertentu yang memiliki kandungan anti-bakterial khusus untuk kulit. Jerawat pasir yang berupa papula atau pustula dapat dihilangkan dengan produk yang mengandung benzoil peroksida dan krim retinoid yang telah diresepkan oleh dokter.

Timbulnya jerawat pasir juga dapat dicegah dengan cara membersihkan wajah setiap hari menggunakan pembersih yang ringan. Membersihkan wajah tidak boleh dilakukan terlalu sering, hanya harus dilakukan pada saat-saat tertentu seperti pagi hari, setelah melakukan olahraga berat, dan sebelum tidur. Keramas secara teratur, tidak sering menyentuh bagian wajah yang berjerawat dengan tangan kotor, serta tidak sembarangan memakai beragam jenis make up dan skin care juga dapat menghindarkan wajah dari serangan jerawat pasir.

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Minyak Zaitun

Jika moms lebih memilih untuk menghilangkan jerawat pasir menggunakan bahan alami, maka salah satu pilihan adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun sarat akan antioksidan, memiliki kandungan antibakteri, dan memiliki sifat anti-inflamasi dan non-comedogenic sehingga akan sangat bagus untuk digunakan pada kulit berjerawat.

Cara yang perlu dilakukan untuk menghilangkan jerawat pasir menggunakan minyak zaitun yaitu mencampurkannya dengan bahan lain, seperti gula, lemon, oatmeal atau beras. Caranya campurkan minyak zaitun dengan satu atau dua bahan yang telah disebutkan, oleskan pada wajah yang bersih, lalu scrub atau pijat perlahan selama tiga menit, setelah itu bilas dengan air hangat.   

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Minyak Zaitun
baca juga

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Madu

Selain minyak zaitun, moms juga bisa menghilangkan jerawat pasir secara alami dengan madu. Sama seperti minyak zaitun madu juga memiliki zat antibakteri dan antioksidan. Caranya campurkan satu sendok madu dengan satu sendok perasan jeruk nipis dan kunyit bubuk hingga berbentuk seperi pasta.

Oleskan masker pada bagian wajah yang berjerawat, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air. Selain kandungan antibakteri pada madu, kandungan vitamin C pada kunyit dan jeruk nipis akan membantu mempercepat hilangnya bekas jerawat jika masker ini digunakan secara rutin, 2-3 kali dalam seminggu.

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Madu