Bahkan daun pandan seringkali digunakan sebagai bahan utama makanan tersebut, misalnya bolu pandan. Namun apakah Moms tahu apa perbedaan daun pandan suji dan daun suji? Yuk Moms cari tahu perbedaan dan manfaat keduanya.

Bentuk Daun

Bentuk daun pandan suji memiliki ciri daun yang memanjang, runcing, berwarna hijau muda, dan amengkilap, serta memiliki tulang daun di tengahnya. Sementara daun suji berwarna hijau tua gelap dengan bentuk daun yang lebih ‘meliuk’ bulat dan tidak memiliki tulang daun di tengah.

Punya Ragam Manfaat, Apa Sih Bedanya Daun Pandan dan Suji?
source: https://arsynoor.wordpress.com/


 

Fungsi Utama


Fungsi utama dari daun pandan adalah sebagai flavouring atau pemberi citarasa tanpa efek warna. Tidak hanya itu, daun pandan suji digunakan sebagai indikator alami karena dapat menunjukkan sifat asam dan basa suatu larutan. Sedangkan fungsi utama dari daun suji adalah memberikan warna hijau yang pekat dan kuat namun tidak memberikan aroma atau rasa sama apapun.

Fungsi Utama
source: http://www.justtryandtaste.com/

Selain memberikan warna pada makanan, ternyata daun suji punya banyak manfaat lho untuk kesehatan. Apa saja ya, Moms?

  • Menurunkan kolesterol, Manfaat satu ini didapatkan dari kandungan klorofil yang kandungannya cukup tinggi dari daun suji.
  • Mengobati leukimia, Tanaman daun suji dianggap sebagai tonik atau zat yang digunakan untuk mengembalikan kondisi jaringan normal.
  • Mengatasi asma dan gangguan pernapasan, Sama seperti pengoabatan leukimia. Daun suji juga dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi asma dan gangguan pernapasan.
  • Meningkatkan produksi ASI, daun suji dianggap sebagai galactagogue atau zat yang dapat meningkatkan laktasi pada manusia maupun hewan. Hal ini lah yang membuat daun suji dianggap mampu untuk meningkatkan produksi ASI.
  • Mengatasi keputihan, uan suji memiliki aktivitas antijamur. Sehingga selain dapt mengatasi infeksi bakteri dan menyembuhkan infeksi akibat jamur.

 
baca juga

Kegunaan Dalam Makanan


Biasanya daun pandan banyak digunakan untuk makanan seperti bubur sumsum atau minuman tradisional seperti es cincau atau es dawet, karena selain memberikan warna, daun pandan juga memberikan aroma khas. Sementara daun suji biasanya digunakan untuk memberi warna pada jajanan basah.

Kegunaan Dalam Makanan
source: http://www.medanbisnisdaily.com/


 

Klasifikasi Daun Pandan Suji


Daun pandan suji ini memiliki nama ilmiah Pandanus Amaryllifolius. Dan untuk Klasifikasi Daun Pandan Suji adalah sebagai berikut:

Klasifikasi Daun Pandan Suji

Nah Moms itu tadi perbedaan dan manfaat daun pandan vs suji. Sekarang sudah bisa membedakan ya Moms?