Sejarah Permainan Bola Voli

Sehat dengan Cara Menyenangkan? Permainan Bola Voli Bisa Jadi Pilihan, Moms

Permainan bola voli berasal dari negara Amerika Serikat. Wiliam G.Morgan adalah penemunya, seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke Massachusetts. Moms awalnya olahraga ini bernama Mintonette, dan baru pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School namanya berubah menjadi volleyball (bola voli).

Bola voli pantai adalah salah satu varian permainan voli, yang membedakan yaitu jumlah pemainnya yang hanya 2 orang tiap tim dan tempat pertandingannya adalah di pantai.

Cara dan Aturan Bermain Bola Voli

Sehat dengan Cara Menyenangkan? Permainan Bola Voli Bisa Jadi Pilihan, Moms

Cara bermain bola voli diawali dengan penentuan tim yang bertanding. Tiap-tiap tim yang terdiri dari 6 orang pemain akan bersaing untuk mencapai angka 25 terlebih dahulu ya Moms.

Terdapat 4 peran penting dalam voli, yaitu tosser  (atau setter), spiker (smash), libero, dan defender (pemain bertahan). Tosser adalah yang bertugas untuk mengatur jalannya permainan dengan mengumpankan bola kepada rekan-rekannya. Spiker bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan dan mendapat poin.

Libero adalah pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk namun tidak boleh men-smash bola ke seberang net. Defender adalah pemain bertahan untuk akan menerima serangan dari lawan.

baca juga
Sehat dengan Cara Menyenangkan? Permainan Bola Voli Bisa Jadi Pilihan, Moms

Aturan permainan bola voli adalah pertama, setiap tim terdiri dari 6 pemain inti di lapangan dan 4 pemain cadangan. Kedua, tim akan mendapat nilai bila salah satu tim bisa memasukkan bola ke dalam daerah lawan. Selain itu serve yang dilakukan harus melewati net dan masuk ke daerah lawan. Jika tidak, maka lawan yang mendapat nilai.

Setiap pertandingan voli berlangsung 3 babak (best of three), kecuali pada 2 babak sudah ada tim yang memengkan pertandian secara berturut-turut maka babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan.

Sistem hitungan poin yang digunakan adalah 25 rally point. Artinya jika poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Tim dengan keunggulan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan tersebut.

Manfaat Permainan Bola Voli bagi Kesehatan

Sehat dengan Cara Menyenangkan? Permainan Bola Voli Bisa Jadi Pilihan, Moms

Permainan bola voli tidak hanya memberikan kesenangan namun juga kesehatan. Manfaat bola voli bagi kesehatan antara lain menjadikan Moms lebih bahagia. Saat olahraga produksi hormon mood bahagia yaitu endorfin, dopamin, serotonin, dan triptofan akan meningkat. Sedangkan hormon kortisol dan epineprin yang memicu stres akan menurun.

Selanjutnya, olahraga voli juga bisa membuat tidur nyenyak karena membantu meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot, serta membantu merilekskan tubuh.

Voli sebagai jenis olahraga kardio aerobik memungkinkan terjadinya pembakaran lemak lebih banyak. Terkait dengan itu otot tubuh akan semakin terbentuk dan tulang akan senantiasa terjaga kepadatannya. Jadi dengan bermain bola voli Moms dapat senang dan sehat kan, paket komplit deh pokoknya.