Setiap orangtua pasti sayang pada sang anak. Namun, rasa sayang yang berlebihan justru hanya membuat anak menjadi manja karena moms memberikan apa saja ia diminta dan bahkan membiarkan anak saat ia melakukan kesalahan. Padahal hal itu hanya akan membuat anak tidak mandiri dan juga dapat berdampak buruk untuk perkembangannya.

Karena itu, yuk ketahui moms trik jitu menghadapi anak manja seperti berikut ini:


1. Konsisten

Salah satu hal yang membuat anak menjadi manja adalah moms memberikan apapun yang diminta oleh anak. Hal itu tak hanya membuat anak menjadi tidak menghargai barang yang dibelikan tapi juga membuat anak menjadi keras kepala, seperti tidak bisa mendengar kalimat tidak atau nanti saat ia meminta sesuatu.

Kondisi tersebut tentu saja sangat tidak baik untuk perkembangan anak ke depannya. Karena itu, mulailah tegas dan konsisten pada anak untuk tidak mengiyakan apapun yang ia mau. Tapi mulailah mengerem permintaan anak dan tetap konsisten untuk tidak memberikannya jika memang dirasa tidak perlu dibeli.
 

Jangan Sampai Salah Moms, Ini Cara Cerdik Menghadapi Anak Manja
source: http://women.sanook.com




2. Memberikan Penjelasan yang Baik

Saat anak menginginkan sesuatu namun moms tidak bisa membelikan dengan berbagai alasan. Berikanlah penjelasan secara baik-baik dan mudah dimengerti anak mengapa moms tidak bisa membelikannya.

Jika Si Kecil menangis, hibur ia dengan mengajaknya bermain namun jangan membelikannya, karena jika moms akhirnya membelikan yang ia mau, maka ke depannya Si Kecil akan menggunakan trik itu agar ibu mau membelikan apa yang ia inginkan.
 

Jangan Sampai Salah Moms, Ini Cara Cerdik Menghadapi Anak Manja
source: http://www.parenting-with-love.com
baca juga




3. Memberikan Hukuman

Salah satu trik ampuh menghadapi anak manja adalah dengan tidak membiarkannya saat ia melakukan kesalahan. Perlu diketahui moms kalau hukuman tidak selalu berdampak buruk pada anak, tetapi juga bisa membuat anak menjadi lebih mandiri. Misalnya, moms menyita mainan kesayangannya jika Si Kecil tidak mau membereskan mainnya.
 

Jangan Sampai Salah Moms, Ini Cara Cerdik Menghadapi Anak Manja
source: http://resourceful-parenting.blogspot.co.id/