Diet keto
Diet keto adalah diet yang pada dasarnya menghindari konsumsi gula dan karbohidrat secara umum. Kemudian mengganti makanan dengan lebih banyak konsumsi protein, lemak sehat dan nutrisi lainnya sehingga tidak memicu gula darah tinggi. 

Penting! Simak Ragam Buah yang Dianjurkan untuk Pelaku Diet Keto
source: https://www.alodokter.com/diet-keto-ketahui-manfaat-cara-menjalani-dan-risikonya

Diet keto kian populer karena disebut-sebut cepat menurunkan berat badan. Namun diet keto juga tergolong kontroversial, karena bila tidak dilakukan dengan tepat, mungkin saja membahayakan kesehatan. Jadi Moms harus mampu memahami serta memperhitungkan apakah diet jenis ini sesuai dengan kondisi tubuh dan kemampuan fisik Moms.

Diet keto hampir mirip dengan diet Atkins dan diet rendah karbohidrat yang mengurangi konsumsi karbohidrat dan meningkatkan konsumsi lemak, dengan jumlah asupan protein sedang. Tujuan konsumsi lemak dalam jumlah yang tinggi pada diet keto adalah agar tubuh mencapai kondisi ketosis. Dalam kondisi tersebut, tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi utama. Lemak juga akan diubah menjadi keton pada hati, sehingga memberi suplai energi untuk otak.

Penting! Simak Ragam Buah yang Dianjurkan untuk Pelaku Diet Keto
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.smartfertilitychoices.com/pcos-diet-restriction/amp/

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat & gula tentu saja tidak dianjurkan dalam diet keto ini. Beberapa buah pun ada yang sangat dianjurkan karena dipercaya cepat untuk melunturkan lemak dalam program diet ini, diantaranya adalah:

baca juga
  • Buah alpukat

Alpukat adalah buah yang sering dianjurkan dalam program diet ini. Pasalnya menurut USDA’s National Nutrient Database, separuh buah alpukat mengandung 15 gram lemak sehat dan 2 gram karbohidrat yang baik untuk jantung. 

Penting! Simak Ragam Buah yang Dianjurkan untuk Pelaku Diet Keto
source: https://www.okaydoc.com/artikel/manfaat-buah-alpukat/

Menurut ahli gizi Lindsey Pine MS, RD dari University of Southern California Hospitality, sebuah alpukat utuh mengandung 12 persen serat, asam folat, vitamin K, dan vitamin B5 yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Lindsey Pine juga menambahkan bahwa alpukat mengandung zat sterol yang berguna membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Buah lemon
Penting! Simak Ragam Buah yang Dianjurkan untuk Pelaku Diet Keto
source: https://m.fimela.com/beauty-health/read/3724731/turun-2-kilo-seminggu-dengan-diet-jeruk-lemon

Buah yang terasa asam namun menyegarkan ini sangat kaya kandungan vitamin C sehingga buah ini bermanfaat dan baik untuk tubuh. Di dalam diet keto, buah lemon memiliki manfaat antioksidan untuk mencegah penyakit dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat selama menjalani diet keto. Lemon juga mengandung zat besi yang bisa membantu produksi sel darah merah.

baca juga
  • Buah mangga
Penting! Simak Ragam Buah yang Dianjurkan untuk Pelaku Diet Keto
source: https://lamanresepi.com/resepi-air-mangga-susu-special/resepi-air-mangga-susu/

Buah yang musim panennya dinanti-nanti ini merupakan buah yang punya kandungan gula alami tinggi tapi mudah dipecah dalam darah. Moms bisa konsumsi buah mangga ini sebagai buah untuk diet keto yang mengandung kabohidrat sekitar 46 gram. Akan tetapi, sebaiknya mangga jangan dikonsumsi terlalu banyak dalam sehari ya, Moms.

  •  Buah stroberi
Penting! Simak Ragam Buah yang Dianjurkan untuk Pelaku Diet Keto
source: http://www.persagibandung.org/2018/08/7-buah-yang-sehat-dan-cocok-untuk-diet.html?m=1

Buah yang rasanya khas manis-kecut ini bisa jadi pilihan Moms saat menjalani diet keto. Seperempat cangkir stroberi hanya mengandung sekitar 2 gram karbohidrat, sehingga bisa jadi pilihan buah untuk diet keto yang aman.

Selain itu, buah stroberi kaya akan antioksidan dan serat yang diperlukan tubuh untuk menjaga fungsinya.

  • Buah kelapa
Penting! Simak Ragam Buah yang Dianjurkan untuk Pelaku Diet Keto
source: https://komunitas-petani-ikan-patin.blogspot.com/2015/09/10-manfaat-dan-khasiat-air-kelapa-hijau.html?m=1

Satu setengah cangkir daging kelapa parut mengandung 13 gram lemak tidak jenuh dan hanya 2,5 gram karbohidrat. Buah kelapa sering diekstrak menjadi minyak dan sering dianjurkan digunakan dalam campuran makanan diet keto. Nah, Moms juga bisa menggunakan daging buah kelapa utuh sebagai camilan dalam diet keto. Namun, harus diperhatikan ketika sedang mengonsumsi buah kelapa jangan ditambahkan gula ya Moms.

Nah, Moms selain rasa yang menyegarkan, buah-buah tersebut ternyata bisa digunakan dalam program diet keto. Selamat mencoba ya!