Awas Jangan Salah Beri Susu untuk Anak, Susu Kental Manis Bukan Susu Lho, Moms

Susu kental manis memang praktis ya, Moms. Selain praktis, jenis minuman ini juga memiliki harga yang jauh lebih terjangkau ditambah umumnya tersedia dalam bentuk sachet. Itu sebabnya, masih banyak Moms yang memilih susu kental manis untuk buah hati. Tapi mulai saat ini Moms harus tahu bahwa susu kental manis bukan susu!

Sebuah kabar bahwa susu kental manis tidak mengandung susu memang sempat mengejutkan banyak Moms yang sudah terlanjur sering memberikan buah hati minuman yang satu ini. Faktanya, kandungan susu kental manis justru didominasi oleh gula.

Kadar gula dalam susu kental manis diketahui mencapai 40 gram, 23 gram karbohidrat dan 6 gram protein per-sajian. Hal ini tentu akan memicu dampak negatif untuk anak. Mengapa bisa demikian? Begini penjelasannya Moms!

Awas Jangan Salah Beri Susu untuk Anak, Susu Kental Manis Bukan Susu Lho, Moms

Dalam satu hari, kebutuhan anak usia balita akan nutrisi adalah 26 gram protein, 155 gram karbohidrat dan 44 gram lemak setiap harinya. Kebutuhan-kebutuhan tersebut sudah termasuk hitungan asupan lain seperti nasi, kue, roti dan lain sebagainya. Sampai di sini Moms bisa lihat bahkan kadar gula dalam susu kental manis sebenarnya bukan termasuk kebutuhan nutrisi yang harus diterima oleh anak.

Selain itu, coba Moms hitung. Dalam sehari anak minimal akan mengkonsumsi 2 hingga 3 gelas susu. Bayangkan jika Moms memberikan susu kental manis untuk anak. Tinggal dikalikan saja, jumlah karbohidrat dan gula yang diterima oleh anak tentu akan melewati batas kebutuhan anak di setiap harinya. 

Resiko yang mungkin terjadi pada kekeliruan pemberian asupan berupa susu kental manis untuk anak ini tak main-main lho, Moms! Selain obesitas atau kegemukan, resiko lain yang berpotensi menyerang anak adalah diabetes dini sebab kadar gula dalam susu kental manis yang cukup tinggi.
​​​​​​

Susu Kental Manis Bukan untuk Balita dan Anak

Nah, setelah mengetahui fakta tentang susu kental manis di atas, sudah cukup jelas kan Moms bahwa susu kental manis memang bukan untuk balita dan anak-anak? Untuk kebutuhan gizi anak, berikan susu khusus untuk balita dan anak-anak yang kandungan gizinya telah diformulasi khusus sesuai kebutuhan tubuh dan aktifitas anak.

Tapi, bukan berarti susu kental manis itu berbahaya lho, Moms. Moms tetap boleh kok, menggunakan susu kental manis untuk campuran makanan, seperti pudding, kue, martabak manis, roti panggang, aneka jus dan minuman segar, dan lain sebagainya.

Susu Kental Manis Bukan untuk Balita dan Anak

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms. Sebab, memberikan asupan nutrisi yang tepat sesuai kebutuhan anak akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal dan menjauhkan anak dari resiko penyakit berbahaya. Semoga sehat selalu!