Di Balik Kelucuannya, Moms Harus Waspada Bahaya Kutu Kucing Pada Kulit Anak

Memiliki kucing sebagai hewan peliharaan memang sangat menyenangkan. Rupa dan tingkah polahnya yang lucu tentu akan membuat Moms dan keluarga terutama anak-anak menjadi terhibur.

Namun tahukah Moms, di balik kelucuannya ada bahaya kutu kucing pada kulit anak yang harus Moms waspadai?

Sebelumnya, ada baiknya terlebih dahulu Moms mengetahui apa itu kutu kucing. Kutu kucing atau pinjal kucing adalah sejenis parasit yang hinggap di antara bulu-bulu kucing dan hidup dengan menghisap darah kucing. Kutu kucing akan mengakibatkan gatal pada kucing yang bisa membuat si manis kesayangan kita tidak nyaman bahkan terluka karena terlalu sering menggaruk-garuk tubuhnya. Selain itu, si manis yang dihinggapi permasalahan kutu kucing juga beresiko terkena penyakit berbahaya bernama parasit darah. Penyakit ini akan terjadi apabila kutu sudah masuk hingga ke dalam tubuh kucing dan merusak sel-sel darah merah kucing. Kasihan ya, Moms?

Namun, ternyata bahaya kutu kucing tidak hanya wajib diwaspadai dampaknya terhadap kucing lho, Moms. Bahaya kutu kucing pada kulit anak dan keluarga juga merupakan hal yang harus jadi perhatian Moms. Pasalnya, di tengah keasyikan bermain dengan si manis, bisa saja kutu kucing hinggap dan di kulit tubuh anak dan menyebabkan dampak yang berbahaya.

Dampak yang bisa terjadi jika kulit anak dihinggapi kutu kucing adalah rasa gatal yang ekstrim hingga ruam dan suhu tubuh meningkat karena infeksi. Meski tubuh manusia sebenarnya bukan habitat alami kutu kucing, namun jika kutu tak sengaja meloncat ke kulit atau rambut anak, tentu anak akan menjadi tidak nyaman karenanya.

Di Balik Kelucuannya, Moms Harus Waspada Bahaya Kutu Kucing Pada Kulit Anak

Yuk Ketahui Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami

Agar kucing kesayangan bersih dan terhindar dari kutu, Moms perlu mengetahui cara menghilangkan kutu kucing secara alami dan efektif. Selain itu, mengatasi masalah kutu kucing dengan segera juga dapat menghindarkan buah hati dari bahaya kutu kucing pada kulit anak yang tentu sangat tidak nyaman.

Seperti apa ya, caranya? Ikuti ulasan ini yuk, Moms!

Yuk Ketahui Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami

Menghilangkan Kutu Kucing dengan Garam
Cara menghilangkan kutu kucing secara alami yang pertama adalah dengan garam. Garam selama ini dikenal ampuh usir serangga atau hewan melata berbahaya dan dapat menghancurkan tubuh beberapa jenis parasit secara langsung. Ternyata hal ini juga berlaku bagi kutu kucing lho, Moms!

Cara menghilangkan kutu kucing dengan garam adalah dengan menaburkan garam secara merata pada tubuh kucing dan melakukan semacam gerakan scrub pada sela-sela bulu kucing. Pastikan garam mengenai kulit kucing yang dihinggapi kutu agar kutu kucing pergi. Setelah kurang lebih 45 menit, segera mandikan kucing dengan air hangat.

Perlu diingat ya, Moms, dalam melakukan cara ini Moms harus berhati-hati apabila si manis memiliki luka yang belum kering. Sebab, jika luka terkena garam, si manis tentu akan merasa perih dan kesakitan. 

Menghilangkan Kutu Kucing dengan Sunlight
Cara kedua ini memang terdengar unik. Namun demikian, testimoni dari pengguna cara ini di forum-forum kucing menyatakan bahwa cara ini cukup efektif. Cara menghilangkan kutu kucing dengan sabun cuci piring sunlight cukup dengan memandikan kucing seperti biasa. Hanya saja, sampo dan sabun kucing yang biasa Moms gunakan diganti dengan sunlight. Gunakan air hangat agar kucing tidak stress saat proses pembasmian kutu berlangsung ya, Moms.

Menghilangkan Kutu Kucing dengan Minyak Telon
​​​Cara menghilangkan kutu kucing secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan minyak telon. Cara ini bisa jadi memiliki tingkat kesulitan paling tinggi dibanding dua cara sebelumnya. Sebab, kucing biasanya takut dan tidak menyukai aroma-aroma minyak gosok seperti minyak kayu putih, minyak telon atau balsem. Dalam cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telon ini, Moms harus pandai-pandai mengalihkan perhatian si manis dengan mainan atau makanan favoritnya. Balurkan minyak telon di sekujur tubuh kucing dan pastikan minyak telon mengenai bagian kulit kucing agar kutu kucing lari tunggang langgang.

baca juga

Bagaimana, mudah kan Moms cara menghilangkan kutu kucing secara alami ini? Moms harus melakukannya secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sebab, biasanya kutu kucing tidak bisa dibasmi dalam sekali tindakan dan akan muncul lagi dari telur-telur kutu yang menetas.

Apabila tidak ada tanda-tanda perbaikan yang signifikan setelah menggunakan cara menghilangkan kutu kucing secara alami ini, Moms sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter hewan atau grooming center agar kucing kesayangan benar-benar dapat terbebas dari permasalahan kutu kucing yang pasti sangat mengganggu.

Semoga berhasil, Moms!