Ngidam Mie Instan Saat Hamil? Cari Tahu Dulu Bahaya Mie Instan untuk Ibu Hamil

Saat ngidam ​​​​​​dalam masa kehamilan, seringkali nafsu makan Moms berubah jadi ajaib. Makanan sehat dan lezat yang tersedia di meja makan tiba-tiba sama sekali tak menggoda selera. Yang terlintas di kepala justru keinginan makan mie instan yang begitu besar!

Sebenarnya, bolehkah ibu hamil makan mie instan?

Jurnal-jurnal medis yang tersebar di seluruh penjuru dunia maya belum ada yang mampu memastikan bahaya mie instan untuk ibu hamil. Namun demikian, kandungan mie instan yang terdiri dari bahan pengawet dan bahan penyedap sebenarnya merupakan zat-zat yang harus dihindari selama masa kehamilan.

Bahan pengawet dan penyedap yang dikonsumsi secara berlebih oleh ibu hamil bisa berdampak buruk pada perkembangan janin. Ditengarai, meningkatnya angka kelahiran anak dengan hiperaktifitas juga disebabkan oleh konsumsi bahan pengawet dan penyedap yang berlebihan pada saat kehamilan. Selain itu, faktor-faktor lain seperti tingkat stress dan kondisi kesehatan ibu pada masa kehamilan tentu juga memiliki peran dalam kesehatan anak.

Hingga hari ini, belum ada literatur-literatur tertentu yang menyebutkan secara pasti tentang bahaya mie instan untuk ibu hamil. Namun, memang ada beberapa kandungan mie instan yang disebut-sebut berbahaya bagi ibu hamil. Apa saja ya, kandungan-kandungan tersebut? 

Ngidam Mie Instan Saat Hamil? Cari Tahu Dulu Bahaya Mie Instan untuk Ibu Hamil

Kandungan Garam yang Tinggi
Kandungan mie instan yang dominan adalah garam. Kandungan garam yang tinggi pada mie instan tidak baik bagi ibu hamil sebab dapat memicu terjadinya hipertensi alias tekanan darah tinggi. Hal ini tentu berbahaya bagi ibu hamil sebab beresiko akan terjadinya stroke pada kehamilan. 

Bahan Pengawet
Kandungan mie instan berikutnya yang berbahaya bagi ibu hamil adalah bahan pengawet. Bahan pengawet dalam makanan atau minuman apapun memang wajib dihindari oleh ibu hamil. Dampak buruk bahan pengawet yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat menyebabkan permasalahan kesehatan bayi dalam kandungan. 

Bahan Penyedap Rasa
Bahan penyedap rasa yang ada pada mie instan juga merupakan salah satu kandungan mie instan yang harusnya dihindari selama masa kehamilan. Pengujian tentang pengaruh MSG pada perkembangan otak janin dalam kandungan masih terus dilakukan untuk membuktikan apakah benar bahan penyedap dapat menimbulkan beberapa kondisi kesehatan dan hiperaktifitas pada anak.

Bahan Mie Instan Sulit Dicerna
Ibu hamil rentan mengalami masalah pencernaan. Sementara itu, bahan mie instan disebut-sebut lama tercerna dalam organ pencernaan manusia. Oleh karena itu, konsumsi mie instan selama kehamilan dikhawatirkan dapat memicu gangguan pencernaan pada ibu hamil.

Kalau Moms Kepingin Banget, Bagaimana Ya Solusinya?

Nah, sekarang Moms sudah tahu bahaya mie instan untuk ibu hamil yang bersumber dari jenis kandungan mie instan itu sendiri. Bahaya ini juga berlaku pada ibu menyusui lho, Moms. Bahaya mie instan untuk ibu menyusui sama besarnya sebab nutrisi yang Moms serap otomatis juga akan diserap bayi melalui ASI yang Moms berikan.

Tapi, meskipun sudah tahu kandungan mie instan dan bahayanya, Moms ternyata tetap ngidam mie instan. Bagaimana solusinya ya? 

Kalau Moms Kepingin Banget, Bagaimana Ya Solusinya?

Untuk Moms yang memang benar-benar ngidam makan mie instan saat kehamilan, ada aturan makan mie instan untuk ibu hamil yang wajib Moms taati. 

Aturan makan mie instan untuk ibu hamil yang pertama adalah maksimal 2-3 bulan sekali. Jika Moms memang benar-benar tidak tahan lagi, Moms boleh makan mie instan dalam batas waktu 2-3 bulan sekali sebatas 1 porsi mie instan.

Selain itu, sebaiknya Moms mengurangi penggunaan bumbu penyedap yang disediakan dalam kemasan mie instan. Gunakan separuh atau dua pertiga saja dari seluruh bumbu yang tersedia agar bahaya kandungan mie instan dapat diminimalisir. Aturan makan mie instan untuk ibu hamil ini juga berlaku untuk ibu menyusui ya, Moms!

Dan satu hal lagi, setelah makan mie instan sebaiknya Moms mengganti cheating day dengan banyak mengkonsumsi air putih, buah-buahan dan sayuran segar agar bahaya kandungan mie instan dapat dinetralisir oleh nutrisi-nutrisi sehat yang natural.