Aneka Bumbu Soto Ayam Ini Praktis dan Mudah! Praktekin Yuk, Moms

​​​​​​Sebagai salah satu masakan yang praktis dan lezat, pembeda ragam soto ayam satu dengan lainnya sebenarnya adalah kekhasan bumbu dari masing-masing jenis. Namun dari segi proses pengolahan bumbu soto ayam, hampir semuanya sama.

Begitu juga untuk topping dan isian. Memang terkadang ada sedikit pembeda dari topping soto ayam satu dan yang lainnya. Namun, dengan berbekal ayam suwir, so'un dan telur rebus, perbedaan lainnya bisa jadi tidak terlalu signifikan jika Moms ingin mempraktekkan resep soto ayam untuk konsumsi keluarga.

Untuk itu, simak yuk Moms aneka bumbu soto ayam berikut ini. Selebihnya, Moms tetap bisa bereksperimen dengan topping dan side dish sesuai bahan yang ada di rumah!

Bumbu Soto Ayam Bening
Soto ayam bening adalah soto ayam yang umum dihidangkan di rumah-rumah sebagai masakan harian. Di pulau Jawa, soto ayam bening sering ditemui di wilayah Jawa Tengah seperti Semarang dan Surakarta. Bumbu soto ayam bening yang lezat ini sangat sederhana.

Moms hanya membutuhkan 6 siung bawang putih, 2 cm jahe, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 batang serai yang dimemarkan, 2 cm jahe yang dimemarkan, 2 cm kunyit, 1 sdt ketumbar, lalu merica, gula dan garam sesuai selera.

Cara pengolahannya adalah dengan menghaluskan semua bumbu kecuali serai, jahe, daun salam dan daun jeruk, kemudian menumis semuanya bersama-sama sebelum ditambahkan air kaldu sebagai kuah soto.

Aneka Bumbu Soto Ayam Ini Praktis dan Mudah! Praktekin Yuk, Moms
baca juga

Bumbu Soto Ayam Lamongan
Bergeser ke timur dari wilayah Jawa Tengah, selain soto ayam Madura, soto yang terkenal di Jawa Timur adalah soto ayam Lamongan. Kekhasan soto ayam Lamongan adalah konsistensi kuah yang lebih pekat jika dibandingkan soto ayam bening. Bumbu soto ayam Lamongan yang lezat ini juga sangat sederhana.

Moms hanya membutuhkan 6 siung bawang putih, 2 cm jahe, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 batang serai yang dimemarkan, 2 cm jahe yang dimemarkan, 2 cm kunyit, 3 cm lengkuas, 5 butir kemiri, 1 sdt ketumbar, lalu merica, gula dan garam sesuai selera.

Cara pengolahannya adalah dengan menghaluskan semua bumbu kecuali serai, jahe, lengkuas, daun salam dan daun jeruk, kemudian menumis semuanya bersama-sama sebelum ditambahkan air kaldu sebagai kuah soto.

Aneka Bumbu Soto Ayam Ini Praktis dan Mudah! Praktekin Yuk, Moms

Bumbu Soto Ayam Kuning
Sama-sama berasal dari Jawa Timur, soto ayam kuning berasal dari Kediri dan memiliki kekhasan yang berbeda. Menggunakan bumbu kuning, soto ayam kuning memiliki citarasa khas yang lezat dan segar. Bumbu soto ayam kuning yang lezat ini sangat sederhana.

Moms hanya membutuhkan 3 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 2 cm jahe, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 batang serai yang dimemarkan, 2 cm jahe yang dimemarkan, 2 cm kunyit, 2 cm lengkuas, 5 butir kemiri, 2 lembar daun bawang, 1 sdt ketumbar, lalu merica, gula dan garam sesuai selera.

Cara pengolahannya adalah dengan menghaluskan semua bumbu kecuali serai, jahe, lengkuas, daun bawang, daun salam dan daun jeruk, kemudian menumis semuanya bersama-sama sebelum ditambahkan air kaldu sebagai kuah soto.

Aneka Bumbu Soto Ayam Ini Praktis dan Mudah! Praktekin Yuk, Moms
baca juga

Bumbu Soto Ayam Jawa
Setelah berjalan-jalan di dua kota di Jawa Timur, kini Moms kembali lagi ke Jawa Tengah. Soto ayam jawa adalah soto ayam khas Jawa Tengah yang menggunakan ayam kampung sebagai topping. Bedanya dengan soto ayan bening, soto ayam Jawa memiliki style kuah yang mirip dengan soto ayam Lamongan dan soto ayam kuning, yakni agak pekat. Selain itu penambahan tauge dan kol sebagai topping adalah kekhasan soto ayam Jawa yang berbeda dengan soto lainnya.

Bumbu soto ayam Jawa yang lezat ini pun sangat sederhana. Moms hanya membutuhkan 6 siung bawang putih, 2 cm jahe, 1 buah tomat, 1 batang seledri, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 batang serai yang dimemarkan, 2 cm jahe yang dimemarkan, 2 cm kunyit, 5 butir kemiri, 1 sdt ketumbar, lalu merica, gula dan garam sesuai selera.

Cara pengolahannya adalah dengan menghaluskan semua bumbu kecuali serai, jahe, tomat, seledri, daun salam dan daun jeruk, kemudian menumis semuanya bersama-sama sebelum ditambahkan air kaldu sebagai kuah soto.

Aneka Bumbu Soto Ayam Ini Praktis dan Mudah! Praktekin Yuk, Moms

Bagaimana, mudah dan praktis kan Moms? Selamat mencoba!