Sudah lazim jika pesta resepsi pernikahan menyertakan souvenir sebagai buah tangan bagi para undangan. Meski terkesan hanya sebagai pelengkap, nyatanya souvenir menjadi hal yang cukup memusingkan bagi pengantin untuk memilihnya.

Walau pelengkap saja, souvenir memakan biaya yang lumayan besar. Oleh karenanya, para pengantin biasanya memikirkan benda apa yang sekiranya cocok dan bermanfaat untuk dijadikan souvenir kepada para undangan.


 

Souvenir pernikahan trend 2019


Jangan salah, Moms. Souvenir pernikahan pun punya trend lho. Di tahun 2019 ini, trend souvenir pernikahan biasanya disesuaikan dengan tema pesta resepsi pernikahan itu sendiri.

Tahun 2019, banyak orang yang mulai beralih ke trend zero waste. Souvenir seperti seperangkat alat makan (sendok, garpu, sumpit) atau pun sedotan stainless steel kini jadi souvenir pernikahan 2019 yang diminati. Selain bagus dan pasti terpakai, souvenir-souvenir pernikahan terbaru 2019 ini juga mendukung gerakan mengurangi sampah plastik bumi. 

Alternatif lainnya yang bisa dipilih sebagai souvenir pernikahan 2019 adalah pouch kain, kaleng bermotif, cangkir enamel, block note atau pengharum ruangan alami.


 

baca juga

Harga souvenir pernikahan 2019


Untuk harga souvenir pernikahan 2019, sebetulnya beragam, tergantuk bentuk dan desain yang dipilih. Untuk benda-benda yang disebutkan di atas, harganya bervariasi dari Rp 3.000 hingga Rp 15.000.

Jika membeli dalam jumlah banyak, di atas 100 buah bahkan ribuan, tentunya harga akan lebih murah. Tipsnya, jika penjual tak mau memberikan diskon, Moms bisa meminta bonus barang. Hal ini akan memberikan keuntungan sama dengan diskon harga.


 

Souvenir pernikahan yang bermanfaat


Memilih souvenir pernikahan memang sangat tricky. Banyak pengantin yang mempertimbangkan dari segi harga, tetapi souvenir yang diberikan ternyata tidak berguna, terkesan ala kadarnya dan akhirnya malah menumpuk jadi sampah. Sayang sekali, Moms, karena sama saja dengan membuang uang percuma.

Pilih souvenir pernikahan yang sekiranya dapat digunakan sehari-hari. Misalnya alat tulis, gantungan baju, alat makan atau wadah penyimpanan. Souvenir pernikahan mewah, boleh-boleh saja. Tapi yang penting dapat berguna dan bermanfaat bagi penerimanya.

Itu dia beberapa pertimbangan yang dapat dipilih seputar souvenir pernikahan 2019. Semoga informasi ini dapat menginspirasi ya, Moms.