Jenis tumbuhan dari famili Pandanaceae ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Daun pandan bisa menghilangkan bau sedap pada area miss V. Yuk Moms, simak khasiat daun pandang yang lainnya.

Kandungan Daun Pandan

Aroma pada daun pandan yang khas berasal dari senyawa kimia 2-acetyl-1-pyrroline (ACPY). Senyawa tersebut akan memberikan wangi pada makanan. Daun pandan berwarna hijau bisa menjadi pewarna makanan alami. 
 
Daun pandan mengandung senyawa flavonoid, alkaloid, saponin, tanin, polifenol, dan zat warna yang berfungsi sebagai anti-bakteri. Kandungan senyawa tersebut memberikan kontribusi untuk aktivitas lain, seperti anti diabetes.
 
Karena antibakteri, daun pandan bisa menjadi pengawet makanan dengan mengurangi pertumbuhan bakteri. 

Source: https://www.pegipegi.com

Masyarakat Indonesia percaya, daun pandan bisa mengatasi masalah syahwat pada pria. Banyak pria yang sudah membuktikannya, meminum ramuan daun pandan, lemah syahwat hilang.
 
Cara membuatnya, ambil daun pandan secukupnya, bersihkan, lalu potong kecil-kecil. Rebus hingga air tersisa hanya dua gelas. Minum ramuan sebanyak dua kali sehari, tiap pagi dan sore.

Source: https://terapikesehatan.com
baca juga

Manfaat Daun Pandan untuk Ginjal


Mengonsumsi pandan secara rutin dipercaya dapat meningkatkan fungsi ginjal. Daun pandan bisa membersihkan darah dan menetralisir racun di dalam tubuh, sehingga baik untuk mengatasi masalah ginjal seperti peradangan.
 
Namun, ada studi yang menyebutkan zat saponin yang terkandung dalam daun pandan dapat menyebabkan retensi air dan kalium. Untuk itu, bagi orang yang menderita gagal ginjal sebaiknya menghindari konsumsi daun pandan. 

Source: http://blog.tribunjualbeli.com

 

Khasiat Daun Pandan untuk Saraf


Banyak penelitian yang menyebutkan, daun pandan dapat mengatasi lemah saraf. Dengan meminum rebusan daun pandang secara rutin, gangguan kesehatan tersebut bisa teratasi. Cara membuat ramuannya sangat mudah, Moms hanya perlu mengambil beberapa daun pandan, diiris-iris kecil lalu rebus. 

Source: https://lifestyle.okezone.com

 

baca juga

Daun Pandan untuk Atasi Bau Miss V


Daun pandan yang memiliki aroma sedap bisa mengatasi masalah bau pada miss V. Kandungan euganol dan minyak atsiri-nya, bisa membuat vagina menjadi lebih wangi. Cara memakainya adalah dengan mengambil beberapa helai daun pandan, bersihkan, lalu tumbuk. Campur dengan sedikit garam dan madu agar lebih nikmat. Minumlah rutin setiap hari sebelum tidur. 

Source: https://www.gulalives.co

Manfaat daun pandan ternyata banyak sekali ya Moms? Daun pandan banyak dijual di pasaran, tapi jika manfaatnya sebanyak ini, alangkah baiknya Moms menanamnya sendiri di pekarangan rumah.