Jangan Sering Memandikannya

Menjaga kesehatan kulit bayi yang pertama adalah jangan terlalu sering memandikannya. Terlalu banyak mandi akan menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit bayi dan bisa menimbulkan masalah sseperti kulit kering dan iritasi. Mandikan bayi cukup 2 kali sehari pagi dan sore dan jangan merendam bayi terlalu lama dalam bak mandi.
 

Jangan Sering Memandikannya
source: http://www.alodokter.com



 

baca juga

Jangan Menggosok Kulit Bayi Terlalu Keras

Kulit bayi yang baru lahir keriput dan ditutupi dengan zat putih dan lembut yang disebut vernix. Selama minggu pertama kehidupan ini perlahan terlepas. Moms tidak perlu membantu proses alami ini dengan menggosok kulit atau merawatnya dengan lotion atau krim. Jika bayi sudah terlambat tahap pengelupasan mungkin akan selesai sebelum kelahiran.
 

Jangan Menggosok Kulit Bayi Terlalu Keras
source: http://tipspedia.web.id



 

Bersihkan dengan Bahan Halus

Saat memandikan bayi, Moms jangan menggosok keras kulitnya, cuku diusapdengan lembut pakai kain halus. Begitu pula saat hendak membersihkan bokong bayi di area popok. Bersihkan dengan kapas atau kain berbahan lembut yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat.
 

Bersihkan dengan Bahan Halus
source: http://griyabunda.com



 

baca juga

Hindari Produk Kimia

Pada bulan-bulan awal, saat sistem kekebalan bayi masih berkembang, jangan menggunakan produk bayi berbahan keras. Jika ada riwayat keluarga alergi, masalah kulit atau asma, maka kamu harus melindungi sistem kekebalan bayi dari alergen yang menyebalkan.
 

Hindari Produk Kimia
source: https://babyluna.id



 

Rajin Cuci Pakaian dan Selimut Bayi

Selalu cuci pakaian bayi dan tempat tidur sebelum digunakan. Meski tampak baru dan bersih sekalipun baru kamu beli dari toko. Tapi lebih baik bagi bayi setelah pakaian ini dicuci dengan deterjen ringan dan bebas pewangi lalu dibilas sampai benar-benar bersih. Cucilah cucian bayi secara terpisah dengan cucian keluarga.
 

Rajin Cuci Pakaian dan Selimut Bayi
source: http://www.berjibaku.com



 

Menenangkan dengan Sentuhan

Memeluk, membelai dan memijat tidak hanya meningkatkan boanding terhadap ibu dan bayi tapi juga memicu hormon, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu melawan penyakit.

Pijat bayi kamu dengan lembut menggunakan baby oil. Hangatkan sedikit minyak bayi atau lotion lembut di tangan kamu dan kemudian pijat dada dan perut bayi, dengan menggunakan sentuhan lembut namun tegas.
 

Menenangkan dengan Sentuhan
source: http://rockingmama.id