Ibu Menyusui Anak


Moms, masa-masa menyusui adalah periode yang sangat penting bagi ibu dan bayi lho! Pada masa inilah hubungan ibu dan anak akan terbentuk seperti perkembangan mental dan psikis bayi serta pemenuhan kebutuhan nutrisi bayi yang perlu secara optimal. Rupanya makanan yang dikonsumsi ibu juga mempengaruhi nutrisi dan rasa dari ASI.

Maka dari itu ada beberapa makanan yang harus dihindari dan dikurangi oleh ibu ketika dalam proses menyusui. Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari atau dikurangi oleh ibu menyusui.

  1. Minuman yang mengandung alkohol, alkohol memberikan dampak yang buruk untuk perkembangan saraf bayi dan dapat mengurangi produksi ASI.
  2. Ikan-ikan besar seperti ikan hiu, ikan tuna, ikan todak, dan sejenisnya karena mengandung mercury yang akan memberikan dampak buruk pada perkembangan saraf bayi
  3. Minuman yang mengandung kafein
  4. Makanan yang menimbulkan alergi
  5. Makanan yang mengurangi poduksi ASI seperti pepermint, petersely, dan parsley 
Ibu Menyusui Anak
source: https://id.pinterest.com


 

Ibu Menyusui Makan Durian


Secara umum tidak ada efek negatif pada si kecil ketika ibu mengkonsumsi durian. Durian mengandung vitamin B dan C, zat besi, serta fosfor yang baik untuk ibu lho! Menurut sebuah penelitian seorang ibu menyusui diperbolehkan mengkonsumsi durian asalkan tidak menyebabkan alergi atau dikonsumsi berebihan.

Apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan mual, perut kembung, sakit kepala, dan beberapa keluahan lainnya. Buah durian mengandung beberapa manfaat bagi ibu menyusui seperti menjaga tubuh dari radikal bebas, membantu proses pencernaan, menjaga kepadatan otot dan tulang, serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Ibu Menyusui Makan Durian
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Ibu Menyusui Minum Kopi


Moms, saat mengkonsumsi kopi kandungan kafein akan masuk pada aliran darah sehingga hal ini akan berdampak pada ASI. Ketika bayi menyusui otomatis kafein yang terkandung di dalam ASI akan dikonsumsi oleh bayi. Padahal secara umum ginjal bayi dan hatinya belum berkembang secara sempurna akibatnya bayi belum dapat memecahkan kafein dan menumpuk di dalam tubuhnya.

Semakin kecil umur bayi maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan agar kafein yang terkandung di dalam tubuhnya keluar. Kandungan kafein dapat membuat bayi jadi rewel, gelisah, dan sulit tidur ketika setelah disusui.

Maka dari itu sangat dianjurnya bagi para ibu untuk tidak mengkonsumsi kopi selama menyusui. Selain itu mengkonsumsi kopi yang berlebihan jantung berdebar-debar, gelisah, cemas, sulit tidur, nyeri ulu hati, mual, hingga naiknya tekanan darah.

Ibu Menyusui Minum Kopi
source: https://id.pinterest.com


 

Ibu Menyusui Minum Es


Moms dari beberapa informasi yang beredar ada yang mengatakan bahwa seorang ibu yang sedang menyusui tidak diperbolehkan minuman air es atau makanan dingin karena akan mendinginkan ASI dan membuat flu. Padahal faktanya itu tidak benar ya moms!

Sampai saat ini tidak ada badan penelitian yang menyatakan bahwa minum air es saat menyusui dapat mempengaruhi kesehatan bayi. Suhu air es yang diminum oleh ibu tidak membuat suhu ASI menjadi dingin. Minum air es tidak menyebabkan flu karena pada dasarnya influenza disebabkan oleh virus bukan air dingin ya.

Minum air es tidak apa-apa namun akan jadi berbeda apabila moms mengkonsumsi air es di pinggir jalan yang belum tahu jelas asal usul kandungan airnya terbuat dari air matangan atau air mentah dan sebagainya. Jadi apabila moms ingin mengkonsumsi air es paling aman membuat sendiri ya moms.

Ibu Menyusui Minum Es
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Ibu Menyusui Minum Soda


Moms rupanya sebuah penelitian mengatakan bahwa minuman soda mengandung kafein, meski sedikit kemungkinannya ada baiknya jika moms menghindari minuman soda selama menyusui. Minuman yang mengandung kafein akan memberikan efek gelisah dan lebih besar efek sampingnya untuk bayi prematur lho!

Selain itu efek samping yang dirasakan oleh bayi selain gelisah akan menyebabkan bayi terkena diuretik atau diare. Kita tahu bahwa diare adalah salah satu penyebab terbesar kematian bayi karena bayi akan kehilangan banyak vitamin dan mineral dalam tubuhnya. 

Ibu Menyusui Minum Soda
source: https://id.pinterest.com

Selama seorang ibu menyusui, moms diharapkan dapat menjaga pola makan yang sehat karena hal ini juga berpengaruh pada nutrisi ASI yang terdapat di dalam tubuh ibu. ASI inilah yang akan dikonsumsi si kecil. Nah, itu dia beberapa pantangan ibu menyusui yang perlu moms ketahui. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat moms.