Moms bosan menikmati liburan hanya di mall ditambah hirup pikuk kepadatan kota? Yuk sekali-kali menikmati indahnya lokasi wisata di Jawa Barat. Daerah ini merupakan salah satu tempat yang terkenal dengan keindagan alamnya. Banyak lokasi wisata yang ditawarkan alam Jawa Barat dan sudah lama diburu banyak wisatawan.

Pemandian air panas Jawa Barat salah satunya! Moms dan keluarga akan dimanjakan 3 objek wisata langsung, seperti gunung, bukit, dan tentu saja pemandian air panas. Jika moms pintar memilih, keluarga pun bisa menikmati indahnya kawah. 

Moms tergiur dengan sensasi di atas? Sejenak mengistirahatkan tubuh dengan berelaksasi dan berendam di air panas dapat menjadi obat alami. Salah satunya adalah mampu menghilangkan stress pada pikiran manusia, dapat mengendorkan otot-otot tubuh, mengeluarkan racun dalam tubuh dan memperlancar sirkulasi darah, bahkan juga meringankan penyakit tulang.

Pada umumnya masyarakat mengenal Pemandian Air Panas Jawa Barat dengan sebutan Pemandian Air Panas Bandung, Pemandian Air Panas Garut, Pemandian Air Panas Ciwidey dan lainnya. So, Mommyasia akan memberikan rekomendasi pemandian air panas Jawa Barat yang cocok bagi keluarga moms!

Bingung Liburan Kemana? Ke Pemandian Air Panas yang Populer di Jawa Barat Aja!

1. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini adalah salah satu objek wisata milik PTPN VIII yang tersohor. Air panas disini bersumber dari Gunung Patuha yang terletak di atas ketinggian 2.400 mdpl.

Pemandian Air Panas yang berada 57 KM dari Bandung ini, mulai dibuka pukul 06:00 - 18:00 WIB setiap hari, kecuali Jumat. Hari tersebut dikhususkan untuk pembersihan kolam. Harga berkisar Rp20.000 untuk wisatawan lokal dan Rp100.000 untuk asing. Bagi moms yang membawa kendaraan, lokasi parkir dihargai Rp3000 hingga Rp20.000.

1. Pemandian Air Panas Ciwalini
baca juga

2. Pemandian Air Panas Cimanggu

Berbeda dengan Air panas Ciwalini, di Cimanggu buka 24 jam, sehingga moms dan keluarga bisa datang kapan saja. Namun disarankan jika moms datang pagi hari. Selain memiliki waktu lebih panjang, udara yang ditawarkan masih sejuk dan keluarga pun menikmati pemandangan indah. 

Tiket menuju pemandian ialah Rp16.000 di hari kerja dan Rp23.500 di akhir pekan dan libur nasional. Lain bagi pengunjung asing, Rp100.000 untuk sekali masuk di setiap waktu. Sedangkan biaya parkirnya mulai dari Rp6.000 hingga Rp92.000.

2. Pemandian Air Panas Cimanggu

3. Pemandian Air Panas Ciater

Berlibur dan menghabiskan waktu dengan mengunjungi pemandian air panas memang sesuatu yang menyenangkan. Air yang dikeluarkan dari Pemandian Air Panas Ciater suhunya lebih 37°C yang merupakan suhu normal tubuh manusia.

Uniknya pemandian Air Panas Ciater terdiri dari 3 kategori. Pertama Komples Pemandian Air Panas seharga Rp15.000 sampai Rp20.000. Selanjutnya Kolam Air Panas dengan tiket Rp80.000. Terkahir, Pemandian Air Panas Sederhana, berkisar antara Rp20.000 - Rp50.000.

3. Pemandian Air Panas Ciater
baca juga

4. Pemandian Air Panas Ciseeng

Pemandian Air Panas Ciseeng ialah pemandian air panas yang mengandung belerang alami dari gunung kapur. Moms bisa mendapat banyak manfaat dari lokasi ini, yaitu mengobati penyakit yang berasal dari tulang maupun kulit dan sendi serta membuat kulit yang semula kasar menjadi mulus karena pemandian air panas ini mengandug air garam juga.

Lokasi ini dibuka mulai jam 07:00 WIB sampai 20:00 WIB, setiap hari. Tiket masuk di hari weekday ialah Rp10.000 dan di hari weekend Rp12.000. Namun bagi anak-anak disamakan setiap hari, yaitu Rp8.000.