Kehamilan merupakan momen yang dinanti-nanti bagi pasangan yang telah menikah. Terutama bagi para perempuan. Namun seringkali para calon ibu tidak menyadari bahwa dirinya telah mengandung.

Selain karena siklus haid yang memang tidak menentu, banyak perempuan yang tidak berani berekspektasi tinggi terhadap kehamilannya. Entah itu karena pernah gagal atau pun sudah mencoba berbagai cara tetapi belum kunjung hamil juga.

Meskipun begitu, tak ada salahnya Moms, mengecek kemungkinan hamil agar tidak terlambat mengetahui dan dapat menjaga kandungan sebaik-baiknya. Ada berbagai cara mengetes kehamilan. Selain tespack, Moms bisa mencoba tes kehamilan dengan pasta gigi.
 

Tes kehamilan dengan pasta gigi positif


Sebuah akun Youtube bernama Pregnancy Tips mengunggah video percobaan tes kehamilan dengan pasta gigi. Tampak seorang perempuan memasukkan sedikit pasta gigi ke dalam wadah dan mencampurnya dengan urin pertama di pagi hari. Hasilnya tes kehamilan dengan pasta gigi berbusa. Selain itu tes kehamilan dengan pasta gigi berwarna kebiruan yang diduga positif hamil.
 

youtube:5FUN8jP5pm4
source: https://www.youtube.com/watch?v=5FUN8jP5pm4
Positive toothpaste pregnancy test - Pregnancy test with toothpaste | Pregnancy Tips
baca juga

Tes kehamilan dengan pasta gigi bergelembung tapi tidak berubah warna


Jika membaca komentar-komentar di forum, banyak perempuan yang sudah mencoba tes kehamilan dengan pasta gigi ini. Hasilnya pun berbeda-beda. Cukup banyak komentar yang mengatakan, ketika mencampurkan urin dengan pasta gigi, hasilnya bergelumbung tapi tidak berubah warna. Hamil atau tidak ya? Menurut pendapat dari mulut ke mulut, jika Moms mengalami kondisi ini, artinya Moms tidak hamil. 

Tapi apakah benar?

Tes kehamilan dengan pasta gigi bergelembung tapi tidak berubah warna


 

Tes kehamilan dengan pasta gigi, apakah akurat?


Berbagai pro kontra melatarbelakangi tes kehamilan dengan pasta gigi ini. Dilansir dari goodtoknow.co.uk, Stuart Gale, pemilik sekaligus apoteker dari Oxford Online Pharmacy mengatakan bahwa munculnya gelembung ini bisa jadi akibat tingkat keasaman urin ketimbang karena faktor positif-negatif kehamilan.

"Gelembung busa yang muncul sebagai akibat reaksi dari karbon yang terkandung dalam pasta gigi dan asam pada urin. Hasilnya adalah karbon dioksida," ujarnya. "Semakin asam urin, semakin banyak gelembung busa yang tercipta. Tak peduli seseorang hamil atau pun tidak."

Professor Mark Kilby dari Royal College of Obstetricians and Gynaecologist mengungkapkan kepada media The Sun, "Saat perempuan hamil, tubuhnya memproduksi hormon HCG (hormon chorionic gonadotrophin). Hormon inilah yang terkandung dalam urin perempuan hamil. Tetapi hingga saat ini tidak ada penelitian yang bisa membuktikan adanya HCG dalam tubuh seseorang lewat tes kehamilan dengan pasta gigi ini."

Tes kehamilan dengan pasta gigi, apakah akurat?

Jika Moms penasaran, boleh saja dicoba. Tetapi jika Moms merasa adanya tanda-tanda kehamilan, misalnya menstruasi yang terlambat atau perubahan pada tubuh, sebaiknya lakukan tes kehamilan yang akurat menggunakan tespack atau berkonsultasi dengan dokter kandungan ketimbang menebak-nebak sendiri ya, Moms.