Kalkulator Kehamilan Online


Sekarang semua serba canggih Moms. Jadi Mommies bisa menghitung usia kandungan sendiri dengan cara menghitung usia kehamilan online. Kini ada kalkulator kehamilan online yang banyak disedikan.

Salah satunya Moms bisa mengakses kalkulator kehamilan online ini di website ibu dan balita miliki frisian flag. (www.ibudanbalita.com). Atau Moms juga bisa mengunjungi situs luvizhea.com untuk mengetahui usia kehamilan secara online.

Kalkulator Kehamilan Online


 

Aplikasi Penghitung Kehamilan


Selain cara menghitung usia kehamilan online, Moms juga bisa mengetahui usia kehamilan dengan mengunduh aplikasi menghitung usia kehamilan di apple store atau play store. Nah, berikut ini 5 aplikasi menghitung usia kehamilan yang salah satunya bisa Moms unduh untuk membantu Moms mengetahui usia kandungan Mommies. Apa saja?

  • BabyBump Pregnancy Pro, aplikasi ini bisa memberitahukan usia kehamilan Mommies, dan dilengkapi dengan tips-tips kehamilan.
  • My Pregnancy Today, melalui lewat aplikasi ini Moms bisa mendapatkan segala informasi tentang kehamilan yang disesuaikan dengan usia kandungan Mommies saat ini. Selain itu, Moms juga juga bisa melihat perkembangan janin secara animasi melalui aplikasi ini. Jadi Moms bisa membayangkan bagaimana dedek bayi dalam perut Moms saat ini.
  • Pregnancy ++, aplikasi ini memiliki beragam informasi yang disediakan untuk mendukung kehamilan Mommies. Selain itu Moms juga bisa memanfaatkan track your health yang berguna mencatat total kenaikan berat badan perminggu yang Moms alami.
Aplikasi Penghitung Kehamilan
source: https://pourbebe.com
  • Sprout Pregnancy Lite, Ada juga aplikasi sporut pregnancy lite. Dalam aplikasi ini terdapat informasi seputar kesehatan dan perkembangan janin hingga kesehatan calon ibu.
  • Pregnancy Assistant, aplikasi ini bisa melacak kehamilan minggu per minggu. Cara menggunakannya pun cukup mudah, jadi Moms tidak akan bingung. Selain itu Moms juga bisa menulis catatan mingguan untuk ditanyakan ke dokter atau bahkan nasihat dokter setelah melakukan check up.
baca juga

Mengukur Tinggi Puncak Rahim


Jika Moms lupa kapan hari pertama haid terakhir Moms, ada kok cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHTyaitu melalui mengukur tinggi puncak rahim atau tinggi Fundus uteri yang menonjol di dinding perut dan penghitungan dimulai dari tulang kemaluan.

Mengukur Tinggi Puncak Rahim
source: https://www.kompasiana.com/

Jika jarak dari tulang kemaluan sampai puncak rahim berkisar 28 cm, artinya usia kehamilan sudah mencapai 28 minggu. Yang perlu diketahui, tinggi maksimal puncak rahim adalah 36 cm – usia kehamilan sudah mencapai 36 minggu – dan tidak akan bertambah lagi meskipun usia kehamilan mencapai 40 minggu.
 

Pemeriksaan USG


Jika Moms memiliki masalah dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, pemeriksaan USG adalah cara menghitung usia kehamilan jika haid tidak teratur. Dari pemeriksaan USG maka Moms akan mengetahui panjang bayi dan lingkar kepala bayi.

Data tersebut nantinya akan dikonversi menjadi usia kehamilan oleh alat USG. Disarankan Moms menjalani pemeriksaan USG ke dokter kadungan untuk mengetahui usia kandungan Mommies.

Pemeriksaan USG
source: https://ceknricek.com/

Mommies, itu tadi cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dan bulan yang bisa Moms lakukan sendiri dan harus dengan dampingan dokter kandungan. Happy pregnancy, Mommies.