Kehamilan memang dapat membuat tubuh cepat merasa lelah, namun apabila Moms kurang bergerak dapat membuat tubuh menjadi tidak bugar dan mempersulit proses persalinan. Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh menjelang persalinan.

Salah satu olahraga yang bersifat aman dan banyak dilakukan oleh ibu hamil adalah senam hamil. Senam hamil bertujuan menjaga kebugaran ibu hamil. Hal ini berlaku juga senam ibu hamil tua. Saat usia kandungan mendekati persalinan, senam hamil tua membantu mempersiapkan fisik untuk persalinan.
Manfaat Senam Saat Hamil Tua, Cari Tahu Gerakan Apa Saja yang Harus Dilakukan!
source: http://hellosehat.com


 

Mungkin Moms masih bertanya apakah boleh senam saat hamil tua? Jawabannya, boleh, Moms. Namun tetap konsultasikan pada dokter kandungan terlebih dahulu. Karena pada beberapa Moms, kondisi kehamilannya berbeda dan apabila melakukan gerakan senam saat hamil tua malah membahayakan kandungan.

Sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan, gerakan apa yang boleh saat senam hamil tua dan yang tidak boleh. Dokter akan menyarankan senam hamil selama Moms merasa nyaman untuk melakukannya dan tidak bertentangan dengan kondisi kesehatan dan kehamilan Moms. Jangan paksakan melakukan senam hamil tua, apabila Moms merasa terlalu cepat lelah!
Manfaat Senam Saat Hamil Tua, Cari Tahu Gerakan Apa Saja yang Harus Dilakukan!
source: http://prenagen.com


 

baca juga
Bagi Moms yang usia kandungan sudah mendekati atau sudah di usia kehamilan 9 bulan, disarankan melakukan olahraga, salah satunya senam hamil. Tujuan senam hamil tua agar cepat kontraksi saat mendekati HPL-nya. Selain itu, banyak manfaat melakukan senam hamil, antaranya :
  • meredakan nyeri dan saat saat kehamilan
  • mengencangkan otot
  • memperkuat jantung dan paru
  • membantu tidur lebih nyenyak
  • memperkuat sendi
  • menghindari pertambahan berat badan berlebihan
  • mempersiapkan diri untuk persalinan
Manfaat Senam Saat Hamil Tua, Cari Tahu Gerakan Apa Saja yang Harus Dilakukan!
source: http://merdeka.com


 

Umumnya, kelas senam hamil dibuka di rumah sakit umum atau rumah sakit ibu dan anak. Instrukturnya adalah bidan yang berpengalaman menangani proses persalinan. Dengan bergabung dalam kelas senam hamil yang aman dan terpercaya, gerakan senam hamil tua dilakukan di bawah arahan instruktur berpengalaman.

Saat senam hamil tua, gerakan dan latihan pernapasan akan diutaman untuk mempersiapkan tubuh Moms menjalani persalinan. Dikutip dari hamilplus, berikut gerakan senam hamil tua :

1. Duduk Bersila
Gerakan duduk bersila adalah gerakan dasar dalam senam. Moms hanya membutuhkan matras  untuk bantalan duduk sehingga tidak menempel langsung dengan lantai. Saat melalukan senam duduk bersila, ambil posisi duduk dengan posisi tangan kanan dan kiri berada di sisi tubuh..
Manfaat Senam Saat Hamil Tua, Cari Tahu Gerakan Apa Saja yang Harus Dilakukan!
source: http://anmum.com
baca juga
2. Posisi Berbaring
Baringkan posisi tubuh Moms dengan kaki menumpu pada lantai. Kemudian posisikan kedua tangan ke arah samping tubuh dengan telapak tangan dihadapkan ke atas. Lakukan secara relaks dan tarik nafas perlahan-lahan
Manfaat Senam Saat Hamil Tua, Cari Tahu Gerakan Apa Saja yang Harus Dilakukan!
source: http://dictio.id
3. Posisi Merangkak
Posisi ini dilakukan dengan cara menekan salah satu lutut ke lantai, kaki yang tidak bertumpuan pada lantai dan tangan diluruskan perlahan. Arahkan pandangan ke arah depan dengan posisi kepala dan punggung terangkat. Tarik nafas perlahan-lahan, lengkungkan posisi punggung ke arah dalam dan hembuskan. Tarik nafas kembali perlahan-lahan, sambil meluruskan kembali posisi punggung.
Manfaat Senam Saat Hamil Tua, Cari Tahu Gerakan Apa Saja yang Harus Dilakukan!
source: http://duniabidan.com
4. Posisi Berbaring Terlentang
Posisikan badan Moms dengan memegang kedua mata kaki dengan dua tangan. Sambil mengatur nafas Moms, gerakkan posisi ke arah bawah dan depan sesuai hitungan instruktor
Manfaat Senam Saat Hamil Tua, Cari Tahu Gerakan Apa Saja yang Harus Dilakukan!
source: http://guromis.com
Nah, itulah gerakan dasar senam hamil tua. Namun tetap konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan Moms. Selain senam hamil, Moms bisa melakukan yoga, pilates dan jalan santai. Sebagai alternatif senam hamil, senam yoga hamil tua menenkankan pada konsentrasi dengan gerakan ringan yang tidak memerlukan banyak energi.
Manfaat Senam Saat Hamil Tua, Cari Tahu Gerakan Apa Saja yang Harus Dilakukan!
source: http://smartmama.com

Untuk segala jenis olahraga yang ingin dilakukan Moms saat hamil, wajib dikonsultasikan dulu pada dokter kandungan ya! Dan jangan memaksakan diri apabila tidak sanggup melakukan olahraga tersebut. Moms harus tahu yang terbaik untuk kandungannya sendiri. Tetap semangat ya, Moms! Semoga persalinannya lancar!