Biji selasih merupakan sejenis rempah-rempah yang biasanya dimanfaatkan untuk bahan pelengkap dalam sajian minuman dingin seperti es buah, es sirup, puding, es campur, dan lain-lain. Biji selasih sendiri membuat rasa dari minuman makin nikmat dan segar.

Kandungan Biji Selasih

Kandungan yang terdapat di biji selasih sangat baik dan diperlukan tubuh antara lain serat, lemak, vitamin, antibiotik yang baik untuk menghindari bakteri, eugamol yang bermanfaat bagi fungisida tubuh, dan tymol yang baik sebagai penghalau serangga.

Biji selasih juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah karena mengandung minyak atsiri yang terdiri dari linalool, citral, geraniol, methyichavicol, ocimenen, 1.8 cincole, dan lain-lain.

Kandungan Biji Selasih
baca juga

Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

Bentuk dari biji selasih yang kecil dan hanya dijadikan pelengkap dari minuman dingin atau dessert yang membuat sebagian orang tak tahu kalau biji selasih kaya akan manfaat. Mengonsumsi biji selasih dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit seperti asam lambung yang meningkat dan menetralkan efek asam HCL di dalam lambung, dapat mengontrol gula darah, menyembuhkan batuk dan flu, obat sembelit dan perut kembung, menghilangkan stress, meghilangkan perasaan cemas, mengatasi masalah insomnia, sebagai anti-radang, serta memperlancar peredaran darah.

Biji selasih juga aman dikonsumsi ibu hamil yang terkena masalah susah tidur, sering merasa gelisah di awal kehamilan atau menjelang melahirkan, serta masalah pencernaan dan sirkulasi darah yang tidak lancar.

Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

Manfaat Biji Selasih untuk Diet

Biji selasih juga memiliki manfaat untuk diet, moms. Biji selasih yang menandung serat tinggi ini baik untuk melancarkan pencernaan, sehingga membantu mengontrol bobot tubuh dan membuat perut terasa lebih kenyang setelah mengonsumsinya. Di dalam biji selasih pun mengandung omega-3 bernama alpha-linoleenic acid yang merupakan bagian dari lemak tak jenuh dan dapat membakar lemak serta melancarkan metabolisme tubuh. Jika moms hanya mengonsumsi salad buah atau jus buah, bisa nih moms tambahkan biji selasih di dalamnya biar makin nikmat menjalankan diet.

Manfaat Biji Selasih untuk Diet
baca juga

Manfaat Biji Selasih untuk Kecantikan

Kaya dengan manfaat, biji selasih bagus untuk merawat kecantikan kulit dan rambut, moms. kandungan vitamin K, protein dan zat besi pada biji selasih mampu membuat rambut moms makin sehat ternutrisi dan terlihat tidak kusam, serta mencegah terjadinya kerontokkan pada rambut. Biji selasih membuat wajah terlihat muda karena membantu menyamarkan garis kerutan, mencegah timbulnya jerawat, dan mengatasi masalah kulit seperti eskim atau psoriasis.

Manfaat Biji Selasih untuk Kecantikan