Manfaat Minyak Wijen untuk Diet

1. Sebagai ganti minyak goreng

Saat memasak, Moms perlu mempertimbangkan minyak jenis apa yang digunakan. Memilih minyak goreng yang sehat dapat meminimalisir risiko berbagai penyakit jantung bagi keluarga. Pilih minyak goreng dengan kadar tinggi lemak tidak jenuh tunggal yang merupakan sumber lemak sehat dan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Beberapa minyak nabati yang bisa Moms pilih di antaranya minyak wijen, minyak canola dan minyak zaitun.

Manfaat Minyak Wijen untuk Diet, Seperti Apa Cara Konsumsinya?
source: https://fiestylecooking.wordpress.com/

2. Untuk menu diet mayo

Minyak wijen baik untuk diet, termasuk untuk diet mayo. Diet mayo adalah diet yang dikembangkan oleh Mayo Clinic dimana pelaku diet tidak dapat mengonsumsi garam selama minimal 13 hari. Diet ini bukan hanya ditujukan untuk menurunkan berat badan, namun juga untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

Diet mayo memiliki aturan yang ketat dimana pelaku diet harus membatasi kalori per hari sekitar 1200-1800 kalori. Jika Moms yang ingin mencoba diet mayo harus mengurangi konsumsi gula, garam, lemak dan memperbanyak protein dalam menu sehari-hari.

Manfaat Minyak Wijen untuk Diet, Seperti Apa Cara Konsumsinya?
source: https://static01.nyt.com/

Makanan yang dikonsumsi umumya dipanggang atau direbus dan tidak dimasak menggunakan minyak goreng untuk mengurangi kadar lemak pada makanan. Penggunaan minyak wijen untuk diet mayo bisa digunakan sebagai seasoning salad maupun penambah rasa pada menu makanan seperti salmon panggang, atau dada ayam panggang tanpa kulit.

Cara membuat salmon panggang untuk diet mayo pun cukup mudah, Moms. Siapkan 1 fillet salmon kurang lebih 100 gram, lalu marinasi dengan campuran 1 sdm minyak wijen, 1 sdm kecap, 1 sdm jahe geprek dan cuka selama 30-60 menit. Setelah itu panggang dengan api sedang selama 5 menit di kedua sisinya, lalu sajikan. Moms bisa menambahkan sayuran lainnya seperti jamur, tomat dan parsley untuk menggugah selera.

Memilih Minyak Wijen yang Asli

Nah, melihat begitu banyaknya minyak wijen di pasaran, lalu bagaimana cara memilih minyak wijen yang baik? Minyak wijen bisa terbuat dari biji wijen putih maupun biji wijen hitam. Selalu perhatikan bahan-bahan pembuat minyak wijen dalam kemasan untuk memastikan kandungan yang terdapat dalam minyak wijen.

Salah satu ciri minyak wijen asli adalah memiliki warna agak kecoklatan, tekstur kental dan memiliki aroma wijen yang kuat. So, jangan sampai salah beli ya Moms!