Karena itu tak heran jika di dapur Moms tersedia aneka jenis cabai merah besar untuk menambah rasa masakan menjadi makin sempurna. Bagi Moms yang pengemar cabai dan masakan pedas, tahukah Moms cabai apa yang paling pedas di dunia?

Selain jenis cabai keriting dan cabai rawit yang biasa dijumpai di pasaran, ternyata ada berbagai jenis cabai hias dan cabai masak yang memiliki tingkat kepedasan berbeda-beda. Apalagi cabai termasuk tanaman yang mudah disilangkan untuk menghasilkan varietas baru yang memiliki kualitas lebih baik daripada varietas cabai murni.

Misalnya untuk jenis cabai rawit unggul. Salah satu cabai rawit hibrida yang banyak digemari petani dan sangat laris di pasaran adalah varietas cabai rawit hibrida Pelita. Cabai ini sangat pedas, buah mudanya berwarna hijau muda dan umumnya berukuran panjang hingga 4 cm.

Salah satu keunggulan cabai ini selain berbuah lebat, bisa ditanam di dataran rendah hingga tinggi, jenis ini juga tahan dengan penyakit layu bakteri.

Macam-Macam Jenis Cabai, Mana Sih yang Paling Pedas Sedunia?
source: https://www.youtube.com/watch?v=4uc4H8EnVtE

Jenis Cabai Paling Pedas Sedunia

Nah, jika selama ini Moms merasa jenis cabai rawit terbaik di Indonesia adalah yang paling pedas, ternyata masih banyak cabai lainnya di dunia yang jauh lebih pedas. Untuk menilai skala kepedasan cabai digunakan skala Scoville yang mengukur konsentrasi capcaisin, zat yang menyebabkan rasa pedas dalam cabai.

Menurut skala tersebut cabai bisa memiliki skala Scoville mulai dari 1-16 juta SHU (Scoville heat unit). Sebagai perbandingan, cabai rawit (cayenne pepper) yang dikenal pedas ini memiliki tingkat kepedasan sekitar 30.000 - 50.000 SHU. Beberapa cabai yang memiliki SHU tertinggi di antaranya:

1. Bhot Jolokia (Ghost Pepper)

Jenis cabai asal India ini pernah memegang rekor sebagai cabai terpedas di tahun 2007. Cabai persilangan antara Capsicum chinense dan Capsicum frutescens ini memiliki 1.041.427 SHU atau 400 kali lebih pedas dari tabasco India.
 

Macam-Macam Jenis Cabai, Mana Sih yang Paling Pedas Sedunia?
source: https://en.wikipedia.org/wiki/Bhut_jolokia

Di India cabai jenis ini digunakan dalam berbagai masakan seperti kari, acar dan chatni, yaitu sejenis saus berbumbu dari sayur atau buah-buahan. Selain itu cabai ini juga digunakan sebagai bahan dasar bom asap untuk melindungi diri dari satwa liar.

2. Naga Viper

Di tahun 2011, cabai Naga Viper menggeser Bhot Jolokia sebagai cabai terpedas di dunia dengan skala kepedasan mencapai 1.382.118 SHU. Cabai ini dikembangkan oleh petani cabai asal Inggris yang menyilangkan tiga cabai terpedas di dunia yaitu Naga Morich, Bhot Jolokia dan Trinidad Scorpion. Rasa pedas cabai ini bahkan masih bisa dirasakan selama beberapa jam setelah menyantapnya.
 

baca juga
Macam-Macam Jenis Cabai, Mana Sih yang Paling Pedas Sedunia?
source: https://www.mercurynews.com/

3. Carolina Reaper

Dengan tingkat kepedasan Carolina Reaper dinobatkan sebagai cabai terpedas di dunia pada tahun 2013 dengan tingkat kepedasan sekitar 1.569.300 SHU. Cabai ini dikembangkan oleh Ed Currie asal South Carolina, Amerika Serikat yang menyilangkan cabai Naga Pepper dan La Soufriere. Rasa cabai ini dideskripsikan mirip rasa buah-buahan yang awalnya manis lalu dalam sekejap berubah menjadi sangat pedas.