Tes Kehamilan Terlalu Dini


Moms, penah mengalami tes kehamilan negatif tapi hamil? Jangan bingung. Hasil tes kehamilan negatif tapi hamil terjadi karena hCG dalam tubuh Moms belum sepenugnya muncul pada urine. Ini disebut tes kehamilan negatif palsu.

Tingkat hCG setiap wanita yang hamil itu berbeda. Jadi untuk melakukan tes kehamilan, sebaiknya Moms lakukan tes kehamilan setidaknya satu minggu setelah melakukan tes kehamilan yang pertama, agar hCG dalam urine Moms bisa terbaca oleh alat tes kehamilan.

Tes Kehamilan Terlalu Dini
source: https://hellosehat.com/


 

Kepekaan Test Pack


Tes kehamilan negatif dan positif dapat juga dipengaruhi oleh tingkat kesensitifan alat tes kehamilan. Ada banyak tingkat kepekaan test pack. Biasanya ada yang memiliki tingkat kepekaan tinggi, sehingga dapat mendeteksi level hCG dengan tingkat rendah sampai 10 mlU/ml.

Jika kepekaan test pack yang Moms gunakan rendah, maka hasil tes kehamulan Moms bisa jadi akan kurang akurat sebelum tanggal periode menstruasi.

Kepekaan Test Pack
source: https://doktersehat.com/


 

baca juga

Asam Lambung Naik


Jika Moms mengalami tes kehamilan negatif tapi mual, bisa jadi asam lambung Moms sedang naik. Karena ketika asam lambung meningkat, dapat menimbulkan rasa mual, pusing, dan muntah. Jadi coba cek kesehatan ke dokter ya, Moms.

Asam Lambung Naik
source: https://www.liputan6.com/


 

Terlalu Banyak Minum Air Putih


Jika Moms ingin melakukan tes kehamilan sendiri, usahakan setelah bangun tidur sebelum mengonsumi air putih ya, Moms. Karena ternyata jika Moms minum terlalu banyak air putih, maka dapat mengakibatkan kadar hCG dalam urine Moms menjadi encer. Jadi alat tes kehamilan akan sulit memprediksi apakah Moms sedang hamil atau tidak.

Terlalu Banyak Minum Air Putih
source: https://www.idntimes.com/


 

baca juga

Test Pack Kadaluwarsa


Moms, sebelum membeli alat tes kehamilan, sebaiknya periksalah dulu tanggal kadaluwarsanya. Karena ketika sebuah alat tes kehamilan sudah masuk tanggal kadaluwarsanya maka keakuratan hasil tesnya tentu perlu diragukan. Jadi biasakan cek sebelum membeli ya, Moms.

Test Pack Kadaluwarsa
source: https://www.konsumenreview.com/

Jadi Moms, itu tadi beberapa hal yang menyebabkan tes kehamilan negatif tapi tidak haid. Perhatikan dengan benar ya, Moms.