Labu Kuning untuk Ibu Hamil


Meski sama-sama labu, labu kuning punya perbedaan yang jelas dengan labu siam. Walaupun demikian, sayuran ini juga punya manfaat yang sama baiknya untuk kesehatan ibu hamil. Labu kuning punya banyak nutrisi penting yang akan membantu ibu hamil seperti antioksidan, serat, protein, kalsium, kalium, dan magnesium. Selain itu, labu kuning juga akan membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh serta mencegah diare dan sembelit.

Labu Kuning untuk Ibu Hamil
source: https://www.thebump.com


 

Manfaat Labu Siam untuk Ibu Hamil


Kembali ke topik soal labu siam, sayuran ini juga punya banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil. Buah ini memiliki banyak kandungan air, serat, karbohidrat kompleks. folat, vitamin B, C, E, dan K, serta kalsium, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, dan zinc. 

Manfaat Labu Siam untuk Ibu Hamil
source: https://www.sahabatnestle.co.id


 

baca juga

Manfaat Labu Siam untuk Ibu Hamil dan Janin


Buah labu siam akan membantu menyehatkan saluran pencernaan ibu hamil berkat kadar seratnya yang sangat tinggi. Dengan demikian, buah ini akan membantu mencegah sembelit. Labu siam juga kaya akan asam folat yang memenuhi sekitar 23 persen kebutuhan harian ibu hamil.

Jika kebutuhan asam folat terpenuhi dengan baik, maka hal ini juga akan menurunkan risiko kecacatan pada janin. Tidak hanya itu saja, asam folat juga mendukung perkembangan otak anak.

Manfaat Labu Siam untuk Ibu Hamil dan Janin
source: https://www.netdoctor.co.uk


 

Daun Labu Siam untuk Ibu Hamil


Tidak hanya buahnya, daun labu siam juga punya manfaat tersendiri untuk ibu hamil. Daunnya mengandung zat besi yang dapat membantu mengatasi masalah anemia. Selain itu, vitamin A dan C yang terkanung di dalamnya juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Daun Labu Siam untuk Ibu Hamil
source: http://terapiekonomi.blogspot.com


 

baca juga

Olahan Labu Siam untuk Ibu Hamil


Salah satu olahan labu siam yang lezat dan banyak manfaat untuk ibu hamil adalah labu siam bumbu kuning. Nah, berikut ini panduan singkat yang bisa Moms ikuti untuk memasak labu siam bumbu kuning.

Bahan utama:

  • 500 gram abu siam
  • 1 buah wortel
  • 1,5 liter santan kelapa
  • Minyak goreng secukupnya


Bumbu yang diperlukan:

  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm kunyit
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 4 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
Olahan Labu Siam untuk Ibu Hamil
source: https://selerasa.com

Cara memasaknya:

  1. Kupas labu siam sampai bersih, potong bagian ujungnya lalu gosok sampai kedua bagian tersebut hingga getahnya keluar. Selanjutnya, potong berbentuk korek api kemudian cuci hingga bersih.
  2. Kupas wortel dan potong juga seperti korek api. Kemudian cuci hingga bersih.
  3. Memarkan serai dan lengkuas, sisihkan terlebih dahulu.
  4. Cuci daun salam hingga bersih.
  5. Haluskan bumbu-bumbu yang disiapkan seperti kemiri yang sudah disangrai, kunyit, bawang merah, dan bawang putih. Selanjutnya, tumis bumbu halus ini hingga merata dan harum.
  6. Setelah mulai tercium aroma harum, masukkan batang serai, lengkuas, dan daun salam sambil terus diaduk.
  7. Masukkan santan, aduk hingga mendidih.
  8. Kemudian masukkan potongan labu siam dan wortel ke dalam santan yang sudah mendidih sambil terus diaduk hingga matang. 
  9. Masukkan bumbu-bumbu seperti ketumbar bubuk, merica bubuk, garam, gula dan penyedap rasa, aduk hingga merata. Koreksi rasa apakah sudah terasa pas. Jika sudah, sayur labu siam bumbu kuning siap disajikan.

Nah, itulah tadi beberapa serba-serbi tentang sayuran labu siam untuk ibu hamil beserta resep sederhana cara mengolahnya. Bagaimana, Moms siap mencoba?