Aneka Masakan Semur Jengkol

Jengkol yang menjadi ikon ibu kota ini ternyata bisa diolah menjadi berbagai menu makanan lho moms. Kandungan vitaminnya juga banyak, antara lain vitamin A, B1, B2, B6, dan C. Vitamin A dan C dikenal sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas, yang selama ini menjadi salah satu penyebab kanker.

Berikut beberapa masakan berbahan dasar jengkol adalah:

  • jengkol balado
  • Semur jengkol padang
  • Semur jengkol kecap
  • Semur jengkol betawi

Semur Jengkol Betawi

Semur jengkol merupakan makanan khas betawi yang sudah menyebar di seluruh penjuru Indonesia. Dalam pembuatan semur jengkol, yang perlu diperhatikan adalah ketepatan bumbu dalam pembuatannya. Masakan semur jengkol sering diminati karena selain rasa jengkolnya legit, jengkol yang dimasak ini akan lebih empuk dan bebas bau.

Semur Jengkol Betawi

Masakan jengkol betawi ini dalam pembuatannya tidak membutuhkan santan, berbeda dengan semur daei daerah lain. Agar kuahnya terasa cukup menambahkan air dan merebus sampai meresap.

baca juga

Semur Jengkol Sunda

Semur jengkol khas sunda sebenarnya tidak berbeda jauh dengan dengan semur jengkol khas betawu. Hanya saja dalam pembuatan semur jengkol sunda, tidka perlu menambahkan biji pala dalam bumbunya. Warna yang dihasilkan pun lebih kekuning-kuningan. Untuk tingkat pedas tidaknya masakan, tergantung peminat ya moms. Tidak mempengaruhi daerahnya.

Semur Jengkol Sunda

Semur Jengkol Padang

Selanjutnya adalah masakan semur jengkol padang. Nah, semur jengkol khas padang berbeda dengan sebelumnya. Yakni dengan menambahkan santan dalam masakannya. Tentu dengan begitu rasa yang didapat akan lebih terkesan gurih. Karena santan atau kelapa memberikan sensasi yang berbeda. Sedangkan untuk bumbu yang lain cenderung seperti semur jengkol betawi, hanya menambahkan santan agar gurih.

Semur Jengkol Padang
baca juga

Semur Jengkol Balado

Bagi yang suka pedas, moms bisa mengolah jengkol dengan masakan balado. Karena masakan ini cenderung menggunakan cabai dalam jumlah yang lumayan banyak..tentu menghasilkan warna yang menggoda bagi keluarga penggila pedas. 

Semur Jengkol Balado

Jengkol balado ini banyak diminati karena mudah untuk memasaknya dan sensasinya yang menggoyang lidah.

Semur Jengkol Kecap

Bagi yang suka manis, sangat cocok untuk mencoba masakan ini. Perpaduan antara pedas dan manis menambah sensasi yang enak ketika menyantap semur jenis ini. Semur jengkol kecap juga memiliki variasi berbeda. Ada yang menambahkan santan dan bisa juga cukup dengan air. 

Semur Jengkol Kecap

Perlu diketahui moms, seni memasak memang memiliki khasnya masing-masing. Sesuai dengan selera masing-masing ya moms.