Kipas Angin

Kipas angin dapat menjadi salah satu solusi mengatasi suhu yang panas di Indonesia akhir-akhir ini. Cuaca panas ini akan sangat mengganggu dalam beraktifitas sehari-hari. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan kipas angin saat sedang beraktifitas kerja, makan, bahkan saat sedang tidur di malam hari.

Tidur dengan Kipas Angin Berbahaya? Mitos Atau Fakta Ya, Moms?
source: http://gfstudio.net/assets/GROUPE-SEB-5476-ROOM-SETS-0028-crop.jpg

Mitos Bahaya Tidur dengan Kipas Angin Menyala

Banyak beredar mitos bahwa menggunakan kipas angin saat tidur dapat berbahaya bagi kesehatan. Benarkah hal tersebut? Sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa menggunakan kipas angin saat tidur dapat berbahaya bagi kesehatan paru-paru bahkan menyebabkan kematian. Yang membuat kipas angin menjadi berbahaya saat digunakan ketika tidur adalah saat tidak ada ventilasi sedikitpun di ruangan tersebut dan salah satunya sirkulasi udara yaitu dari kipas angin. Hal tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan.

Tidur dengan Kipas Angin Berbahaya? Mitos Atau Fakta Ya, Moms?
source: http://3.bp.blogspot.com/-ZnkKNQvqlHI/VI1nHP9tqxI/AAAAAAAAAmc/f_aUOFpSqMg/s1600/tidur-dengan-kipas-angin.jpg
baca juga

Manfaat Kipas Angin

Kipas angin memiliki manfaat untuk mengalirkan udara sejuk dan membuat penggunanya merasa lebih nyaman karena terhindar dari rasa gerah dan panas. Selain itu, ketika ruangan pengap, keberadaan kipas angin ini dapat membantu memberikan aliran udara di seluruh ruangan. Namun, jangan menggunakan kipas angin saat ruangan tidak memiliki ventilasi karena dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Tidur dengan Kipas Angin Berbahaya? Mitos Atau Fakta Ya, Moms?
source: https://keyassets-p2.timeincuk.net/wp/prod/wp-content/uploads/sites/50/2018/07/rexfeatures_3825571fv_217817311_338403762-1.jpg

Dampak Buruk Pakai Kipas Angin Saat Tidur

Beberapa sumber menyebutkan bahwa menggunakan kipas angin saat tidur tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh dengan syarat-syarat tertentu, seperti tetap ada ventilasi udara di ruangan tersebut. Namun beberapa sumber lain mengatakan bahwa tidur menggunakan kipas angin dapat menyebabkan kulit kering, masalah pada pernapasan, astma, dan lain-lain. Moms bisa menggali lebih dalam lagi mengenai penggunaan kipas angin saat tidur jika ingin tahu lebih dalam. 

Tidur dengan Kipas Angin Berbahaya? Mitos Atau Fakta Ya, Moms?
source: https://img.purch.com/w/660/aHR0cDovL3d3dy5saXZlc2NpZW5jZS5jb20vaW1hZ2VzL2kvMDAwLzEwMC85MTMvb3JpZ2luYWwvZmFuLWJlZHJvb20uanBn
baca juga

Tips Aman Tidur dengan Kipas Angin Menyala

Walaupun ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa menggunakan kipasa angin saat tidur tidak berbahaya, namun ada baiknya Moms tetap memperhatikan syarat-syarat penggunaan kipasa ngin saat tidut. Salah satunya yaitu meletakkan kipas angin tidak terlalu dekat dan tidak mengarah langsung pada tubuh dan wajah. Selain itu, kipas angin harus rajin dibersihkan agar tidak menimbun debu dalam baling-balingnya dan membuat udara yang dikeluarkan dari kipas angin tetap bersih dan terjaga.

Tidur dengan Kipas Angin Berbahaya? Mitos Atau Fakta Ya, Moms?
source: https://keyassets-p2.timeincuk.net/wp/prod/wp-content/uploads/sites/50/2018/07/rexfeatures_4527754do_217800651_338403762-1-920x726.jpg

Demikian pembahasan mengenai mitos bahaya tidur menggunakan kipas angin. Semoga bermanfaat Moms!