Kerajinan Tangan

Membuat sebuah karya yang kita ciptakan menjadi sebuah benda yang berharga yang sebelumnya tidak bernilai apa–apa menjadi suatu benda yang bernilai merupakan kerajinan tangan. Nah, jika Moms menyukai kerajinan tangan, memasak, dan membuat segala sesuatunya sendiri di rumah, Moms bisa dengan mudah menghasilkan uang dengan menjual barang yang Moms buat. 

Bisnis kerajinan ini dinilai unik dan menarik karena memanfaatkan sesuatu yang sudah tidak terpakai menjadi sesuatu yang berguna. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan di sekitar kita, mulai dari kardus, sedotan, kain perca, dan lain-lain. Nah, berikut ini ada beberapa contoh kerajinan tangan yang bisa Moms contoh di rumah.

Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas

Moms, seperti dikatakan tadi, kerajinan tangan bisa kita buat dari bahan-bahan bekas yang mudah ditemui atau yang ada di rumah. Jadi, tidak perlu modal yang banyak untuk membuat suatu kerajinan tangan yang bernilai.

Daripada menumpuk sampah di rumah, lebih baik dimanfaatkan menjadi barang yang berguna, kan Moms?

baca juga

Kerajinan Tangan dari Kardus

Kardus merupakan suatu benda yang sangat mudah kita temui. Mungkin dari beberapa Moms di rumah menyimpan ini di rumah. Kardus ini menjadi barang unik dan berguna jika kita manfaatkan sebaik mungkin, bahkan menghasilkan uang jika kita membuatnya dengan serius.

Nah, salah satunya membuat lampu gantung nih Moms. Dengan memanfaatkan kardus bekas, Moms bisa membuat kerajinan tangan lampu gantung. Kerajinan ini bisa Moms jadikan hiasan di rumah sehingga membuat rumah terlihat lebih menarik.

Bahan-bahannya:

  1. Kardus bekas
  2. Lem tembak
  3. Lampu
  4. Tempat lampu
  5. Kabel
  6. Penggaris
  7. Pensil
  8. Cat semprot
Cara Membuat Lampu Hias dari Kardus Bekas:
  1. Langkah pertama adalah memotong kardus. Kardus yang sudah disiapkan sebelumnya dipotong dengan ukuran panjang 60cm dan lebar 21cm atau bisa juga membuat ukuran sesuai keinginan kita.
  2. Lalu cat kardus. Gunakan cat warna putih untuk permukaan kardus. Permukaan kardus yang di cat hanya satu sisi saja dan permukaan yang di cat dijadikan warna dalam. Tujuannya adalah agar cahaya lampu nantinya bisa bersinar terang.
  3. Kemudian melipat kardus menjadi segilima. Ingat, sisi dalam kardus berwarna putih dan sisi luarnya warna kardus asli.
  4. Setelah kardus di lipat menjadi segilima, potong-potong kardus yang membentuk segilima tersebut menjadi banyak. Cara mudah memotongnya adalah dengan membentangkan lagi kardus tersebut, lalu dipotong. Setelah dipotong, lipat kembali kardus yang sudah dipotong tersebut menjadi segilima. Gunakan lem agar lipatan kardus tidak kembali lagi.
  5. Susun kembali potongan kardus segilima tersebut dengan posisi berlawanan dari satu kardus ke kardus lainnya. Gunakan lem agar melekat kuat.
  6. Langkah selanjutnya adalah membuat lembaran kardus berbentuk segilima. Hal ini berfungsi untuk tempat meletakkan lampu. Buat lubang di bagian tengah kardus berbentuk segilima tersebut, lalu pasang tempat untuk lampunya beserta kabelnya.
  7. Gabungkan lembaran kardus yang berbentuk segilima dengan potongan kardus yang disusun sebelumnya.
  8. Proses membuat lampu hias dari kardus sudah selesai. Moms bisa menggunakan lampu hias tersebut atau dijual.
Kerajinan Tangan dari Kardus

Kerajinan Tangan dari Sedotan

Tidak hanya dapat digunakan sebagai alat untuk minum saja, lho Moms. Sedotan bekas juga bisa kita manfaatkan untuk kerajinan tangan yang dapat menghasilkan uang. Daripada dibuang, mending dikumpulkan saja agar bisa dibuat kerajinan. Nah, ini dia salah satu kerajinan tangan yang dibuat dari sedotan.

Membuat taplak meja dari sedotan. Bahan-bahannya:

  1. Sedotan
  2. Gunting
  3. Benang siet putih
  4. Jarum jahit
Lagkah-langkahnya:
  1. Potong sedotan dengan gunting sepanjang 2cm.
  2. Rancang bentuk taplak meja. Simpul mati ujung benang yang sudah dimasukkan ke jarum. Masukkan 3 potongan sedotan pada benang (lihat video).
  3. Masukkan 2 potongan sedotan dan begitu seterusnya sampai berbentuk segi enam.
  4. Setelah segi enam terbentuk, lakukan terus langkah di atas dan nantinya sambungan dari segi enam-segi enam tersebut akan membentuk lingkaran yang lebih besar lagi. Tiap segi enam dapat menggunakan satu warna atau lebih bergantung kreasi Moms. Semakin banyak warna akan semakin mempercantik taplak meja dari sedotan tersebut.
youtube:An58Ce2sFVc
source: https://www.youtube.com/watch?v=An58Ce2sFVc
CARA MEMBUAT TAPLAK MEJA DARI SEDOTAN (SMA DR.SOETOMO SURABAYA)
baca juga

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Kerajinan tangan dari kain flanel ini beragam. Salah satu yang mudah dibuat adalah tempat pensil. Pertama-tama siapkan bahannya dulu, yaitu:

  1. Kain flanel
  2. Jarum dan benang
  3. Kancing
  4. Mesin jahit (jika diperlukan)
  5. Gunting Pita
Caranya:
  1. Potong kain flanel yang tersedia dengan panjang yang sesuai dengan ukuran pensil dan pulpen, buat lebarnya sesuai untuk beberapa buah pensil dan pulpen.
  2. Gunakan jarum dan benang (atau mesin jahit) untuk menjahit setiap sisi tempat pensil. Pastikan seluruh jahitan lurus dengan sempurna.
  3. Jahit kancing dengan jarum dan benang. Kancing ini nantinya akan menjadi ‘kunci’ untuk tempat pensil. Jadi, jahitlah sesuai dengan tempat yang tepat.
  4. Potong bagian tutup tempat pensil ini berbentuk sedikit garis atau lubang. Nah, lubang ini nantinya akan dikaitkan dengan kancing yang tadi terpasang untuk menutup tempat pensil agar isinya tidak jatuh keluar.
  5. Untuk menghias tempat pensil, buat bunga mawar dari kain flanel lalu jahitlah di bagian tepi tempat pensil.
  6. Moms bisa tambahkan aksesoris, payet, atau hiasan lain untuk mempercantik tampilan tempat pensil berbentuk saku ini.
youtube:AQjS7WG9zlE
source: https://www.youtube.com/watch?v=AQjS7WG9zlE
Cara Membuat Kantong Pensil Mini Dari Kain Flanel Dengan Mudah

Nah, mudah kan Moms? Yuk, gunakan waktu luang Moms di rumah untuk membuat hal-hal yang berguna yang juga dapat menghasilkan uang. Selamat mencoba!