Bahaya Mie Instan untuk Anak

1. Gizi Buruk

1. Gizi Buruk

Pada masa kanak-kanak, si kecil dituntut untuk memakan berbagai makanan yang bergizi tinggi untuk menunjang pertumbuhannya. Jika pada masa pertumbuhan si kecil hanya memakan mie instan, sudah sangat jelas Moms ini dapat meningkatkan risiko gizi buruk pada si kecil. Mie instan memiliki kandungan gizi yang rendah dan mengandung bahan pengawet yang cukup tinggi. Seperti namanya, mie instan memang tergolong sangat mudah untuk dimasak dan dikonsumsi, namun dari sisi lain, mie instan hanyalah makanan darurat sehingga tidak sewajarnya jika dikonsumsi untuk si kecil.

baca juga

2. Obesitas

2. Obesitas

Kandungan karbohidrat yang tinggi pada mie instan memang sangat dengan mudah untuk membuat bobot tubuh menjadi naik terutama pada anak. Layaknya orang dewasa, sistem tubuh si kecil pun akan sama kinerjanya jika terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat yaitu mudah mengantuk dan lemas. Hal ini lah yang membuat si kecil akan malas untuk bergerak dan lama kelamaan dapat meningkatkan risiko obesitas pada si kecil. Makan mie instan boleh saja, Moms. Namun perlu diperhatikan porsi dan frekuensi memakannya. Jangan sampai si kecil obesitas kerena mie instan ya, Moms.

3. Risiko Kanker

3. Risiko Kanker

Selain kandungan MSG yang tinggi, bukan tidak mungkin jika mie instan sehat sekalipun mengandung bahan pengawet. Pada dasarnya, mie instan adalah makanan darurat sehingga pengawet sangat berperan penting untuk daya tahan penyimpanan mie instan. Bahan pengawet ini lah yang jika terkandung dalam tubuh terlalu banyak akan bersifat karsinogenik yang dapat mengaktifkan sel kanker dalam tubuh. Lebih baik mencegah daripada mengobati, Moms bisa mengikuti beberapa tips aman yang sederhana untuk konsumsi mie instan pada anak di bawah ini.

baca juga

Tips Aman Konsumsi Mie Instan pada Anak

Tips Aman Konsumsi Mie Instan pada Anak

Namun jika si kecil tetap bersikeras ingin makan mie instan, Moms bisa mencoba beberapa tips aman ini Moms:

  1. Beritahu si kecil tentang bahaya mengkonsumsi mie instan
  2. Batasi jumlah mie instan untuk si kecil, maksimal 2 porsi/bulan
  3. Ganti mie instan biasa dengan mie instan yang lebih sehat, meskipun masih sama-sama mengandung pengawet, namun kadar kandungannya akan lebih rendah.
  4. Alihkan fokus si kecil dengan mengajaknya bermain di luar
  5. Berkreasi masakan dengan si kecil sehingga si kecil lupa tentang mie instan
Selamat mencoba, Moms.