Bumbu Dapur Temu Kunci adalah

Biasa ditemukan di dapur dan digunakan untuk bumbu masakan seperti sayur bening, nyatanya temu kunci memiliki fungsi lain. Tanaman ini berasal dari keluarga zingiberaceae yang masih satu keluarga dengan jahe. Selain dibuat sebagai bumbu dapur atau penyedap makanan, akar rimpang ini juga banyak digunakan sebagai obat tradisional karena memiliki banyak manfaat didalamnya moms.

Bumbu Dapur Temu Kunci adalah

Kandungan Temu Kunci

Kandungan kimia yang terdapat di temu kunci adalah minyak atsiri (yang terdiri dari kamfer, sineol, metil sinamat dan hidromirsen), pati, saponin, damar, flavonoid, pinostrolerin, dan alipinetin. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin B6 dan vitamin B12, senyawa bioaktif, serta senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Manfaat Temu Kunci untuk Atasi Sariawan
Penyakit yang identik dengan kekurangan vitamin C ini mengakibatkan jaringan di dalam rongga mulut dan jaringan penghubung antara gusi dan gigi mudah robek, yang akhirnya menyebabkan sariawan. Sariawan ditandai dengan rasa nyeri serta panas dalam yang membuat penderitanya sulit untuk menelan atau bahkan menyebabkan demam. Penyakit ini juga dapat menyerang anak-anak serta orang dewasa.
 
Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa sariawan bisa terjadi akibat kekurangan vitamin B, zat besi, atau luka tergigit. Selain buah atau sayuran yang mengandung vitamin C, bahan dapur temu kunci ini juga bisa menjadi salah satu solusinya moms. Karena temu kunci ini kaya akan vitamin B dan memiliki zat pinostrobin yang berfungsi sebagai komponen anti radang serta infeksi.

Kandungan Temu Kunci
baca juga

Cara Mengatasi Sariawan dengan Temu Kunci

  • Siapkan temu kunci secukupnya, lalu dibersihkan
  • Kunyah rimpang temu kunci, sambil disentuhkan pada luka sariawan dan lakukan 2-3 kali sehari
  • Rimpang temu kunci ini dapat langsung ditelan atau dikunyah bersama pinang yang juga dikenal mampu menyembuhkan sariawan moms