Bawang bombay merupakan salah satu jenis bawang yang biasanya sering digunakan untuk menambah rasa pada masakan agar makin sedap. Bawang Bombay yang biasanya sering kita jumpai yakni bawang Bombay coklat/kuning (yellow onion). Moms tahu tidak, ada yang namanya red onion atau bawang bombay merah.

Bawang bombay merah sendiri juga sering digunakan untuk pelengkap masakan seperti pizza, burger, sandwich, dan salad. Bawang bombay merah juga disajikan dalam keadaan mentah, tidak dimasak seperti bawang bombay coklat/kuning.  

Kandungan Bawang Bombay Merah

Dalam segi bentuk, bawang bombay merah tidak jauh berbeda dengan bawang merah, bedanya bawang bombay merah terlihat lebih besar. Kandungan manfaat kedua bawang ini pun tidak jauh berbeda. Bawang bombay merah juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, C dan E. Bawang bombay merah juga kaya akan organosulfur yang dapat meningkatkan kolesterol baik hingga 30%.

Di dalam bawang bombay mengandung zat quercetin yang dapat menangkas sel-sel kanker dan menurunkan risiko penyakit jantung, serta kanker paru-paru hingga 50%. Kandungan antioksidan dan antiperadangan pada bawang bombay merah sangat bagus untuk tubuh.

Kandungan Bawang Bombay Merah
baca juga

Manfaat Bawang Bombay Merah untuk Kesehatan

Selain itu, manfaat bawang bombay merah baik untuk kesehatan kulit, melindungi sistem kekebalan tubuh, mengontrol kadar gula darah, memperbaiki fungsi sistem pencernaan karena mengandung serat, bahkan baik untuk memperbaiki mood kamu yang sedang hancur-hancurnya.

Manfaat Bawang Bombay Merah untuk Kesehatan

Bawang Bombay Merah Memperkuat Tulang

Bawang bombay merah cocok dikonsumsi oleh manula atau siapapun yang terkena osteoporosis, karena bawang bombay ini mampu memperbaiki pengeroposan pada tulang sekaligus menguatkan tulang. Bawang bombay merah atau jenis bawang bombay lainnya mengandung kalsium, fosfor, flavonoid, dan potassium. Dengan mengonsumsi 1 siung bawang bombay per harinya, dipercaya mampu memperkuat sekaligus memadatkan tulang dan menurunkan risiko terjadinya patah tulang. Maka dari itu moms, jika ada kerabat yang mengalami patah tulang, sebaiknya diberikan makanan yang di dalamnya terdapat bawang bombay merah, ya.

Bawang Bombay Merah Memperkuat Tulang
baca juga

Bawang Bombay Merah untuk Jantung

Begitu besarnya manfaat yang dihasilkan bawang bombay merah, bahkan untuk orang-orang yang terkena penyakit jantung. Penyakit jantung termasuk penyakit yang berbahaya, penderitanya tak hanya cukup mengatur pola makan, tetapi juga harus rajin berolahraga. Bisa juga nih sering-sering menambahkan bawang bombay di dalam masakannya. Selain akan menambah lezat masakan, bawang bombay akan membantu menurunkan risiko terserang penyakit jantung.

Bawang Bombay Merah untuk Jantung