Teh Hijau dan Manfaatnya

Teh hijau yang dalam bahasa Inggris disebut green tea atau dalam bahasa Jepang disebut ocha merupakan jenis teh terkenal dengan kandungan antioksidan tinggi.

Teh hijau juga terkenal bagi wanita yang sedang menjalani diet. Kandungan polifenol atau tanin serta minyak esensinya mampu memperlancar pencernaan dan bahkan melarutkan lemak. Selain itu, kandungan kecil kafein yang ada di dalamnya juga mampu membantu membakar lemak.

Teh Hijau dan Manfaatnya

Selain untuk diet, teh hijau mengandung berbagai vitamin untuk mempercantik kulit Moms. Vitamin E dalam teh hijau mampu mencegah penuaan dini dan vitamin C untuk mencerahkan kulit.

Teh hijau juga mampu menyelesaikan masalah mulut. Kandungan monositratnya mampu mencegah bau mulut serta klorofil yang bisa mengharumkan mulut.

Untuk masalah kesehatan lainnya, teh hijau mengandung katekin yang bisa menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula dalam darah. Teh hijau juga mengandung fluoride untuk mencegah kerusakan gigi.

Teh Putih dan Manfaatnya

Teh putih atau dalam bahasa Inggris sering disebut white tea kadang juga disebut silver needle. Sebutan silver needle ini diambil dari teh putih asal cina yang terkenal bernama baihao yinzhen yang lengkapnya juga disebut white hair silver needle. Sebutan tersebut karena bentuk teh putih yang seperti jarum berwarna putih keperakan.

Kandungan dan manfaat dalam teh putih tidak jauh berbeda dari teh hijau. Teh putih memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari teh hijau sehingga mampu lebih efektif memerangi radikal bebas dalam tubuh.

Teh Putih dan Manfaatnya

Selain itu, teh putih juga mengandung flavonoid yang baik untuk jantung. Teh putih bahkan digadang-gadang memiliki senyawa antioksidan yang 100 kali lebih banyak dari vitamin C dan 25 kali lebih efektif dari vitamin E. Kedua vitamin ini baik untuk kulit, yaitu dapat mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Boleh dikatakan, seluruh manfaat yang dimiliki oleh teh hijau juga dimiliki oleh teh putih dan bahkan jauh lebih efektif dibanding teh hijau.

baca juga

Perbedaan Teh Hijau dan Teh Putih

Meski sama-sama teh, teh hijau dan teh putih memiliki sejumlah perbedaan.

1. Teh putih memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dari teh hijau.

2. Teh putih memiliki kandungan antioksidan tiga kali lipat lebih tinggi dari teh hijau.

3. Teh putih diambil dari pucuk daun teh, sedangkan teh hijau diambil dari daun teh.
Perbedaan Teh Hijau dan Teh Putih
4. Teh putih diproses tanpa oksidasi, sedangkan teh hijau diproses dengan sedikit oksidasi.

5. Teh putih memiliki rasa yang jauh lebih ringan dibanding teh hijau dan tidak terlalu asam.

6. Harga teh putih lebih mahal daripada teh hijau. Hal ini karena teh putih hanya diambil dari pucuk daun teh yang jumlahnya lebih sedikit. Tak hanya dari tinggi manfaatnya, teh putih lebih mahal karena hanya bisa diproduksi dalam jumlah yang lebih sedikit dibanding teh lainnya.

Cara Penyeduhan Teh Hijau dan Teh Putih

Menyeduh teh hijau dan teh putih tidak terlalu sulit. Untuk teh hijau, Moms bisa mengambil satu sendok makan teh hijau atau 2 gram ke dalam gelas. Tuangkan air panas yang baru mendidih, tutup gelas dan tunggu sampai kira-kira 5-10 menit untuk siap diminum.

Cara Penyeduhan Teh Hijau dan Teh Putih

Cara penyeduhan teh putih juga tidak jauh berbeda. Ambil kira-kira 2 gram teh putih atau kira-kira 50-60 batang pucuk teh putih dalam gelas. Tuangkan air panas dan tunggu sampai 5-10 menit. Teh putih bisa diseduh sampai tiga kali dan setiap seduhannya, warna teh putih akan berubah menjadi lebih pekat kemerahan.