Setiap orangtua tentu ingin anaknya tumbuh menjadi cerdas dan sehat. Tak heran jika banyak orangtua yang sudah memberikan pendidikan sejak usia batita. Pasalnya pada usia anak-anak, mereka akan lebih mudah menyerap ilmu atau pelajaran ketimbang di usia dewasa.

Namun, para ahli justru mengatakan bahwa usia anak-anak harus diisi dengan bermain bersama teman-temannya. Tujuannya adalah agar mereka lebih kreatif, aktif, terbiasa dengan sosialisasi serta dapat meningkatkan rasa percaya dirinya.

Lalu, usia berapa tepatnya anak mulai sekolah? Yuk, simak moms berikut ini:
 

Biar Anak Enggak Stres! Ternyata Ini Usia yang Tepat Anak Mulai Sekolah
source: http://chubadak69.blogspot.co.id/



Para ahli mengatakan bahwa sebaiknya para orangtua mulai memasukkan anaknya ke sekolah saatsang buah hati sudah berusia empat tahun. Mengapa? Pasalnya seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa usia batita harus diisi dengan bermain.

Tak hanya itu, anak yang sudah memasuki sekolah di bawah usia empat tahun belum memiliki performa kognisi yang baik, sehingga seringkali hasilnya tidak sesuai harapan. Kondisi tersebut hanya akan membuat para orangtua mengeluh saat anak belum bisa melakukan beberapa hal.
 

Biar Anak Enggak Stres! Ternyata Ini Usia yang Tepat Anak Mulai Sekolah
source: http://digikidz.id
baca juga




Selain itu, yang perlu para orangtua perhatikan adalah, saat anak sekolah di bawah usia empat tahun. Karakternya juga belum terbentuk, sehingga ditakutkan terlalu banyak campur tangan pihak lain selain keluarga dalam pembentukan karakter sang anak. Kondisi tersebut tentu saja bisa berdampak buruk ke depannya karena akan membuat dia menjadi berbeda.

Nah, sembari moms menunggu waktu Si Kecil mulai bersekolah, kamu bisa mengajarkannya beberapa hal sederhana seperti toilet training, bersosialisasi dengan lingkungan, disiplin mulai dari waktu makan, tidur hingga merapikan kembali mainan setelah ia bermain.

Tak hanya itu, moms juga bisa mulai mengajarkannya pengetahuan yang tidak berat dan bisa dilakukan sembari bermain, seperti mengenalkan huruf, angka, nama buah hingga nama hewan dan bisa juga mulai melakukan komunikasi dengan bahasa Inggris.
 

Biar Anak Enggak Stres! Ternyata Ini Usia yang Tepat Anak Mulai Sekolah
source: http://www.mothering.com