Bayam Jepang atau Horenso adalah jenis sayuran yang hanya bisa tumbuh di dataran tinggi. Horenso ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah di atas 500 mdpl. Di Indonesia, biasanya jenis bayam ini ditanam secara hidroponik sehingga termasuk ke dalam sayuran berlabel organik. Perbedaan yang mendasar dari bayam ini adalah bentuk dan teksturnya berbeda dibandingkan bayam biasa. Bayam Jepang ini sangat digemari karena teksturnya yang lebih empuk.

Ternyata, bayam jepang juga kaya akan manfaat untuk kesehatan lho, Moms. Apa saja? Baca terus sampai habis ya, Moms.

Kandungan Bayam Jepang

Kandungan Bayam Jepang

Ternyata tak hanya karena berlabel organik sehingga digemari oleh kalangan yang sedang ingin hidup sehat. Kandungan gizi yang terkandung dalam bayam jepang juga sangat luar biasa lho, Moms. Ini dia beberapa zat gizi yang terkandung dalam bayam jepang:

  1. Multivitamin kompleks, jenis vitamin yang terkandung dalam bayam jepang mulai dari Vitamin A, B1, B2, B6, C, E bahkan K.
  2. Kaya akan serat
  3. Kaya akan zat besi
  4. Kaya akan asam folat
  5. Kaya akan antioksidan
  6. Kaya akan mineral dan juga nutrient lainnya untuk kesehatan tubuh.
Luar biasa banyak ya, Moms. Organik dan kaya manfaat pula.
baca juga

Manfaat Bayam Jepang untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Mata

1. Menjaga Kesehatan Mata

Semakin berkembangnya gadget canggih yang dapat mengganggu kesehatan mata membuat kita sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain mengistirahatkan mata, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan kaya akan vitamin A pun sangat baik dilakukan. Nah, bagi Moms yang kurang menyukai wortel, Moms bisa beralih ke bayam jepang untuk menjaga kesehatan mata dari dalam. Bayam jepang mengandung vitamin A yang cukup tinggi, istimewanya lagi, bayam jepang memiliki kandungan lutein yang sangat penting untuk melindungi mata dari bahaya paparan sinar ultraviolet.

baca juga

2. Mencegah Kanker

2. Mencegah Kanker

Tak perlu diragukan lagi jika memang kandungan klorofil dalam sayuran hijau sangat tinggi. Begitu pun bayam jepang, kandungan klorofil yang tinggi mengindikasikan bahwa kandungan antioksidannya pun tinggi. Kandungan antioksidan ini lah yang dapat mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Penting sekali nih, Moms untuk dikonsumsi terlebih kondisi lingkungan seperti polusi dan makanan yang kita konsumsi sudah mulai banyak mengandung kimia.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Bayam jepang mengandung asam folat yang tinggi, ini lah mengapa bayam jepang sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung. Asam folat dapat membantu kinerja jantung. Jika fungsi jantung berjalan dengan baik, maka penyakit jantung pun enggan untuk menghinggapi kita kan, Moms.  Dengan mengkonsumsi bayam Jepang yang memiliki kandungan asam folat tinggi, Moms kan terhindar dari resiko terkena dan mengalami penyakit jantung, yang dapat mengganggu kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat Bayam Jepang untuk Ibu Hamil

1. Baik untuk Pertumbuhan Janin

1. Baik untuk Pertumbuhan Janin

Selain untuk kesehatan jantung, asam folat juga sangat baik untuk pertumbuhan janin. Asam folat sangat dibutuhkan oleh janin pada masa pembentukkan, karena dapat mempengaruhi pembentukan otak dan bagian tubuh lainnya. Moms bisa secara rutin mengkonsumsi bayam jepang ini sebagai salah satu sumber asam folat yang sehat. Selain itu, bayam jepang ini berlabel organik sehingga tidak akan ada zat kimia seperti pestisida yang masuk ke tubuh Moms yang dapat membahayakan janin.

2. Melancarkan Pencernaan

2. Melancarkan Pencernaan

Masalah utama yang dirasakan oleh ibu hamil adalah masalah pencernaan. Konstipasi atau sembelit adalah hal yang lumrah. Namun, Moms bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat setiap hari. Tak perlu jauh-jauh, karena bayam jepang ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

3. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

3. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Semua sudah tahu bahwa bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Ya, begitupun dengan bayam jepang. Bayam jenis ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang dapat membantu pertumbuhan sel darah merah. Bagi ibu hamil, penambahan zat besi sangat wajib untuk menghindari anemia dan masalah darah lainnya.