Penyebab haid tak lancar

Siklus Haid Tak Lancar? Simak Tips Alami Untuk Melancarkannya, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/wow.tribunnews.com/amp/2017/12/20/mengapa-kids-jaman-now-lebih-cepat-menstruasi-ternyata-ini-penyebab

Stress
Salah satu bagian otak yaitu hypothalamus sangat terpengaruh oleh stress. Hypothalamus merupakan hormon yang mengatur periode haid. Maka dari itu ketika Moms mengalami stres maka tentu saja akan memberikan dampak pada kelancaran haid Moms.

Menopause
Menjelang menopause, menstruasi bisa menjadi tidak lancar. Ini karena hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur.

Pemakaian alat kontrasepsi (KB)
Menggunakan alat kontrasepsi, seperti IUD (spiral), pil KB atau suntik memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek di antara siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari pada saat menstruasi. Dapat juga terjadi keluarnya sedikit darah pada awal penggunaan pil KB, namun ini akan berhenti setelah beberapa bulan penggunaan.

Penurunan berat badan drastis
Moms dalam program diet atau berat badan turun dengan drastis? Hal ini bisa memberikan dampak pada jadwal haid Moms. 

Siklus Haid Tak Lancar? Simak Tips Alami Untuk Melancarkannya, Moms!
source: https://www.alodokter.com/ternyata-ini-penyebab-menstruasi-tidak-lancar

Masalah tiroid
Pada bagian leher Moms terdapat kelenjar tiroid yang memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Kelenjar ini penting karena juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar berjalan dengan semestinya. Jika tiroid Moms bermasalah, maka menstruasi Moms juga akan terpengaruh. 

Hormon tidak seimbang
Hormon yang tidak stabil atau seimbang juga dapat menjadi penyebab haid tidak lancar. Tentu saja hal ini dikarenakan haid merupakan hasil kerjasama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Bila salah satu komponen tersebut tidak beres, maka jadwal haid akan terganggu.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
(PCOS) adalah kumpulan gejala yang disebabkan oleh terbentuknya kista-kista kecil di dalam indung telur. Keberadaan kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang. Testosteron dapat meningkat melebihi batas normal, yang mana seharusnya pada wanita hanya terdapat sedikit hormon testosteron.

Ketidaknormalan juga terjadi kepada proses pelepasan sel telur. Ini menyebabkan wanita dengan PCOS tidak mengalami menstruasi, atau mengalami menstruasi tetapi darah yang keluar hanya sedikit.

baca juga

Cara alami mengatasi haid yang tidak teratur

Siklus Haid Tak Lancar? Simak Tips Alami Untuk Melancarkannya, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/obat-haid-tidak-lancar/amp/

Haid yang tidak teratur memang mengganggu metabolisme tubuh Moms. Karena darah kotor tidak bisa keluar yang menyebabkan tubuh pegal-pegal dan hormon tak seimbang. 

Namun ternyata tanpa perlu minum obat-obatan kimia, ada banyak cara melancarkan haid yang tidak teratur, secara alami, aman dan dengan cepat lho Moms.

  • Jus wortel
Siklus Haid Tak Lancar? Simak Tips Alami Untuk Melancarkannya, Moms!

Moms suka mengonsumsi jus sayuran? Jika ya, jus wortel bisa jadi pilihan Moms untuk mengatasi permasalahan haid yang tak teratur ini. 

Wortel terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A yang tinggi serta vitamin C, kalsium, dan iron membantu tubuh agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Rutin meminum jus wortel dengan gula sedikit atau tanpa gula dapat menjadi cara melancarkan haid yang efektif.

baca juga
  • Daun pepaya
Siklus Haid Tak Lancar? Simak Tips Alami Untuk Melancarkannya, Moms!
source: http://www.kinisehat.com/2015/12/manfaat-daun-pepaya-pengobatan.html?m=1

Meski sebagian orang tidak suka daun pepaya karena rasanya yang pahit, tapi siapa sangka memiliki banyak manfaat dan kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung vitamin yang cukup lengkap seperti A, B, C, D, dan E serta kalsium.
Cara melancarkan haid dengan daun pepaya adalah meminum air rebusannya.

Moms cukup merebus daun pepaya dengan asam jawa dan garam serta dua gelas air mineral. Rebus hingga air tinggal satu gelas saja. Minum ramuan tersebut. Ramuan daun pepaya juga bisa digunakan sebagai cara mengurangi nyeri haid.

  • Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit bisa bermanfaat untuk melancarkan haid lho, Moms. Kunyit mengandung kurkumin, senyawa yang berkhasiat sebagai obat. Hal ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. 

Siklus Haid Tak Lancar? Simak Tips Alami Untuk Melancarkannya, Moms!
source: https://skinnyms.com/immune-booster-turmeric-tea-recipe/

Cara melancarkan haid dengan kunyit adalah dengan meminum jamu dengan racikan kunyit bisa ditambahkan asam jawa, sehingga kita mengenalnya dengan jamu kunyit asam. Minumlah jamu kunyit adam secara rutin untuk memperlancar haid.

  • Air kelapa hijau
Siklus Haid Tak Lancar? Simak Tips Alami Untuk Melancarkannya, Moms!
source: https://netz.id/news/2018/05/29/00716-01916/1010281117/enggak-nyangka-14-hari-minum-air-kelapa-ini-keajaiban-yang-akan-terjadi-pada-tubuh

Air kelapa hijau selain rasanya segar juga di dalamnya mengandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit. Senyawa laurat ini berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. 

Selain itu, air kelapa hijau juga mengandung banyak sekali gizi yang diperlukan dalam tubuh sehingga dapat membantu Moms memenuhi gizi yang diperlukan oleh tubuh. Maka tentu tidak salah jika air kelapa muda dapat dijadikan sebagai cara melancarkan haid.

  • Jahe

Sama seperti kunyit, jahe juga merupakan bumbu dapur yang memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Siklus Haid Tak Lancar? Simak Tips Alami Untuk Melancarkannya, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-minum-air-jahe-resep/amp/

Kandungannya antara lain adalah minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, c, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Jahe juga bermanfaat sebagai cara melancarkan haid secara alami. Jika Moms rajin meminum air seduhan jahe dengan madu setiap hari tentunya akan memperlancar haid Moms.

Bagaimana Moms? Tertarik beralih ke cara alami dalam mengatasi haid yang tidak lancar? Karena yang alami selalu lebih sehat. Semoga bermanfaat, ya!